kumparan
14 Oktober 2019 7:55

Tips Keuangan: Agar Tak Bokek di Pertengahan Bulan

Perencanaan keuangan Foto: Pixabay
Saat memasuki pertengahan bulan seperti ini, mungkin Anda membutuhkan tips keuangan karena merasa gaji mulai menipis. Uang yang ada mesti dihemat untuk bisa bertahan sampai momen gajian selanjutnya datang.
ADVERTISEMENT
Agar tak bokek di tengah bulan, maka Anda harus memutar otak dalam memanfaatkan anggaran. Apa saja yang perlu Anda perhatikan?
Perencana keuangan dari Finansia Consulting, Eko Indarto, mengatakan pentingnya menerapkan pola pikir mencukupkan kebutuhan. Sehingga, sisa uang bulanan hanya digunakan untuk kebutuhan yang benar-benar diperlukan.
"Jadi dicukup-cukupkan," kata Eko kepada kumparan, Senin (14/10).
Sebaliknya, kata dia, gaya hidup yang biasa jadi ancaman anggaran cepat ludes seperti memanjakan hobi, lapar mata beli barang lucu, atau nongkrong perlu direm.
"Jangan asal nongkrong juga, tapi yang bisa memberi manfaat seperti menjalin relasi," imbuhnya.
Tips keuangan lainnya, kata dia, bisa dengan mengakali pemenuhan kebutuhan. Memilih barang perlu berdasarkan nilai gunanya dan membeli seperlunya saja.
com-Ilustrasi dompet Foto: Shutterstock
"Misal dari yang nomor satu jadi nomor dua misalnya. Dari mungkin produknya A sangat tergantung merek sekarang mereknya nomor dua tapi dengan manfaat yang sama," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Hal itu juga berlaku untuk kebutuhan yang paling membuat anggaran Anda bocor. Misalnya transportasi menggunakan ojek online. Menurut dia, perlu menerapkan strategi agar tetap hemat.
"Bersabar tidak menggunakan ojol di peak hour atau jam-jam sibuk. Jangan enggan memilih tempat penjemputan paling efisien yang menawarkan tarif lebih murah, manfaatkan promo, hingga download aplikasi tidak hanya satu untuk membandingkan," katanya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan