Untitled Image
28 Februari 2021 15:34

Tips Mengembangkan Bisnis Franchise

Tips Mengembangkan Bisnis Franchise (298140)
searchPerbesar
Ilustrasi mengembangkan bisnis franchise. Foto: Shutterstock
Tren bisnis franchise kian berkembang di Indonesia. Bagaimana tidak, dengan adanya franchise, para pelaku bisnis tak perlu memikirkan konsep dan ide dari awal. Cukup menjalankan dan mengembangkan yang sudah ada.
F&B (food and beverage) masih jadi bisnis franchise yang ramai peminat. Alasannya sederhana, kuliner merupakan kebutuhan sehari-hari. Sehingga, pasar dapat terus tercipta.
Meski begitu, diperlukan kiat khusus sebelum memulai franchise agar modal yang telah diinvestasikan tidak terbuang percuma. Lantas, bagaimana caranya?
Cara Mengembangkan Bisnis Franchise

1. Pertimbangkan keunikan produk

Tips Mengembangkan Bisnis Franchise (298141)
searchPerbesar
Ayam goreng jadi salah satu bisnis franchise yang laku di pasaran. Foto: Shutterstock
Ada banyak franchise di bidang kuliner. Sebelum memutuskan menjalin kerja sama dengan suatu brand, pikirkan dahulu sesuatu yang membuat produk tersebut unik.
Keunikan produk dapat membuat bisnis Anda kian berkembang dan tak kalah saing. Jangan lupa pertimbangkan seberapa besar keinginan konsumen untuk membeli produk itu dalam jangka panjang, sehingga pasar untuk bisnis Anda bisa terus ada.

2. Selektif memilih pemilik lisensi franchise

Tips Mengembangkan Bisnis Franchise (298142)
searchPerbesar
Ilustrasi menjalin kerja sama bisnis. Foto: Shutterstock
Lakukan riset pemilik lisensi franchise sebelum memutuskan terjun ke bisnis ini. Pilih perusahaan dengan reputasi baik, sebab Anda akan melakukan kerja sama dalam jangka panjang.
Lihat juga bagaimana franchise tersebut berkembang dan diterima masyarakat. Jika tingkat penjualannya cenderung naik serta konsumen tidak pernah bosan akan produk tersebut, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjalin kerja sama dengan lisensi franchise itu.

3. Sesuaikan modal dengan anggaran yang Anda punya

Tips Mengembangkan Bisnis Franchise (298143)
searchPerbesar
Ilustrasi menghitung modal untuk bisnis. Foto: Shutterstock
Hindari memulai bisnis tanpa memikirkan anggaran. Usahakan dana yang dikeluarkan berasal dari ‘uang dingin’, sehingga tidak mengganggu anggaran pengeluaran bulanan maupun tabungan.
Setelah menghitung modal yang Anda punya, pilih franchise yang sesuai budget. Kemudian, tanyakan kepada pemilik franchise apa saja alat dan bahan operasional yang diberikan di awal. Penyajian penawaran dengan visualisasi yang baik juga menandakan bahwa franchise tersebut memiliki cara kerja yang profesional.

4. Cari lokasi strategis

Tips Mengembangkan Bisnis Franchise (298144)
searchPerbesar
Lokasi merupakan salah satu aspek dalam mengembangkan bisnis. Foto: Shutterstock
Lokasi merupakan salah satu aspek dalam mengembangkan bisnis. Tak sekadar strategis, Anda juga perlu menilik permintaan pasar yang ada di lokasi tersebut.
Untuk memulainya, Anda bisa melakukan survei di beberapa tempat yang menjadi pilihan lokasi franchise. Setelah itu, perhatikan saingan yang ada di sekitar lokasi, pastikan peluang mengembangkan bisnis franchise di daerah tersebut cukup besar.
Bila sudah memerhatikan empat hal di atas, Anda bisa memulai bisnis franchise. Salah satu bisnis franchise yang bisa dipilih adalah GB Express. Masih ada di dalam payung PT Onsu Pangan Perkasa seperti Geprek Bensu, GB Express merupakan bisnis ayam goreng crispy dengan konsep minimalis.
Tips Mengembangkan Bisnis Franchise (298145)
searchPerbesar
Cukup dengan Rp 20 juta rupiah saja, Anda sudah bisa menjalin kemitraan dengan GB Express. Foto: dok. GB Express
Dengan booth 2x3 meter, GB Express bisa ditempatkan di mana saja. Mulai dari di depan rumah, ruko, bahkan foodcourt. Anda hanya perlu memilah lokasi mana yang paling strategis untuk menjalankan GB Express.
Selain sudah 'punya nama', GB Express juga membutuhkan modal yang terjangkau. Cukup dengan Rp 20 juta rupiah saja, Anda sudah bisa menjalin kemitraan dengan GB Express.
Guna mengekspansi bisnis GB Express ke seluruh Indonesia, GB Express tengah menawarkan biaya kemitraan Rp 20 juta rupiah untuk mendapatkan 2 booth yang bisa ditempatkan di dua titik. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari seratus mitra yang mendaftar dan siap memulai bisnis di pertengahan Maret 2021.
Anda bisa mengikuti Instagram GB Express dengan klik di sini atau menghubungi Mutia (0877 7018 7347) dan Alika (0895 0285 8700) untuk informasi lebih lanjut.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan GB Express
Sebagai Onsu bersaudara, Ruben dan Jordi terus melebarkan sayap mereka di bisnis kuliner, mulai dari franchise hingga gerai besar, PT Onsu Pangan Perkasa. Bagaimana cara Ruben dan Jordi mengelola bisnis? Simak selengkapnya di kumparan+