kumparan
10 November 2019 19:03

Tips Sebelum Daftar CPNS 2019

Seleksi Peserta CPNS di Jember
Peserta duduk di ruang tunggu sebelum mengikuti ujian seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Serbaguna Kaliwates, Jember, Jawa Timur, Jumat (26/10/2018). Foto: ANTARA FOTO/Seno
Harus diakui masyarakat Indonesia sangat antusias saat pemerintah membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Setidaknya hal itu bisa dilihat saat tahun 2018 pendaftarnya mencapai sekitar 4,5 juta.
ADVERTISEMENT
Kesempatan CPNS 2019 harus dimaksimalkan dengan baik khususnya bagi yang ingin benar-benar mengabdikan diri kepada negara. Untuk itu, jangan asal mendaftar saja tanpa memperhatikan detail yang diinginkan pemerintah.
Nah, bagi kalian yang akan ikut seleksi CPNS 2019, berikut ada tips langsung dari Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana.
“Baca dengan teliti formasi yang dipilih dan syarat pendaftarannya. Terutama lokasi dan pendidikan,” kata Bima saat dihubungi, Minggu (10/11).
Seleksi Peserta CPNS di Jakarta
Peserta berdoa sebelum mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kantor Wali Kota Jakarta Timur, Jumat (26/10/2018). Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Bima mengatakan, hal itu terkesan tidak begitu penting sehingga tidak diperhatikan dengan baik. Padahal, kata Bima, tahun 2018 banyak yang gagal hanya pada saat seleksi administrasi.
“Tahun lalu banyak sekali yang gagal di seleksi administrasi karena tidak teliti membaca,” ujar Bima.
ADVERTISEMENT
Nah, pastikan dulu administrasi dasar seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) peserta dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) kepala keluarga pada Kartu Keluarga (KK) atau Nomor Kartu Keluarga (KK) sudah disiapkan.
Jangan lupa, perhatikan juga matang-matang segala detail dan persyaratan yang dibutuhkan termasuk formasi yang dibuka oleh kementerian dan lembaga terkait.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan