kumparan
8 Januari 2019 20:00

Tol Bawen-Yogya-Solo dan Bandung-Tasik Jadi Dibangun Tahun Ini?

Tol Bawen-Salatiga (Foto: Dok. Trans Marga Jateng)
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Tol Bawen Semarang-Yogyakarta, Yogyakarta-Solo, dan Gedebage Bandung-Tasikmalaya dapat dibangun mulai tahun ini.
ADVERTISEMENT
Lantas, bagaimana perkembangan rencana pembangunan 3 ruas tol di jalur selatan Pulau Jawa itu?
Menurut Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Gatot Saptadi, saat ini pembangunan Tol Bawen Semarang-Yogyakarta masih dalam tahap lelang badan usaha yang akan membangun.
"Sepengetahuan saya (Tol Bawen-Yogyakarta) masih dalam tahap lelang. Eksekusinya masih menunggu pusat (menentukan badan usaha)," ucapnya kepada kumparan, Selasa (8/1).
Sementara Tol Yogyakarta-Solo, kata dia, saat ini masih dalam tahap penentuan lokasi. Adapun pemrakarsa Tol Yogyakarta-Solo yakni konsorsium PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI), DDT, dan Gama Group.
"Di rute sebelumnya kan ditakutkan melewati kawasan cagar budaya. Makanya dalam penentuan lokasi ini harus hati-hati," tegas Gatot.
Sementara untuk Tol Gedebage Bandung-Tasikmalaya, berdasarkan data Kementerian PUPR, juga masih dalam proses sebelum dilakukan lelang. BUMN yang bergerak di bidang jasa tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) mengincar pengelolaan tol itu.
ADVERTISEMENT
Rencananya jika Tol Gedebage-Tasikmalaya sudah dibangun, kemudian tol yang menghubungkan Tasikmalaya-Yogyakarta akan menyusul dibangun. Saat Tol Bawen-Yogyakarta-Solo telah terbangun, tol tersebut akan terhubung ke tol Trans Jawa.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan