kumparan
7 November 2018 13:59

Transformasi ke Digital, Pegadaian Tak Akan Tinggalkan Bisnis Utama

Sunarso, Direktur Utama Pegadaian
Sunarso, Direktur Utama Pegadaian (Foto: Ema Fitriyani/kumparan)
Perkembangan teknologi tidak bisa dihindari. Hal tersebut secara langsung juga mempengaruhi iklim usaha, termasuk perkembangan bisnis yang terjadi pada PT Pegadaian (Persero).
ADVERTISEMENT
Direktur Utama Pegadaian Sunarso mengakui perusahaan harus menyesuaikan dengan perubahan tersebut. Pihaknya berkomitmen bisa bertumbuh mengikuti perkembangan zaman, namun tetap tidak akan meninggalkan bisnis inti mereka di bidang gadai.
“Situasi bisnis berubah. Kami perlu transformasi. Meski demikian Pegadaian enggak akan meninggalkan core bisnis. Tetap gadai,” kata Sunarso di Gedung Kejaksaan Agung RI, Jakarta, Rabu (7/11).
Sunarso mengatakan, kini pihaknya sudah mulai bertransformasi dengan lebih mengandalkan teknologi, untuk mengikuti budaya masyarakat yang juga makin akrab dengan IT.
Ilustrasi Pegadaian
Ilustrasi Pegadaian. (Foto: Facebook/Pegadaian)
Di sisi lain, Sunarso mengatakan bahwa pihaknya mulai belajar masuk ke lini bisnis non gadai, misalnya digital landing. Transformasi ini menurut dia bertujuan menjadikan Pegadaian makin kuat sisi baik di sisi keuangan maupun kontribusi ke masyarakat.
ADVERTISEMENT
“Saya sadar betul bahwa transformasi itu sulit dan butuh waktu yang lama. Tapi kami harus lakukan itu,” ujarnya.
Apalagi saat ini menurutnya 68 persen nasabah Pegadaian adalah kaum milenial. Sehingga menurutnya, perseroan juga harus bisa menyesuaikan diri sesegera mungkin. “Banyak perusahaan yang berakhir bukan karena tidak mau bertransformasi, tapi karena terlambat bertransformasi,” tandasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan