Bisnis
·
16 Oktober 2020 20:15

Tunggu Vaksinasi, Asosiasi Prediksi Mal Baru Beranjak Pulih di Semester II 2021

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tunggu Vaksinasi, Asosiasi Prediksi Mal Baru Beranjak Pulih di Semester II 2021 (100638)
Tulisan 'Welcome Back' di Senayan City, Jakarta. Foto: Ajeng Dinar Ulfiana/REUTERS
Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus Widjaja, memprediksi pusat perbelanjaan atau mal belum bisa bangkit meski sudah mulai beroperasi. Ia merasa industri tersebut mulai bergairah kembali kalau sudah ada vaksin.
ADVERTISEMENT
“Jadi selama vaksinasi belum dilaksanakan, asosiasi memperkirakan kinerja pusat perbelanjaan belum bisa pulih ke kondisi normal,” kata Alphonzus saat webinar yang digelar MarkPlus, Jumat (16/10).
Alphonzus mengaku sudah mendapatkan kabar vaksin mulai diproduksi awal tahun atau di kuartal I 2021. Namun, ia merasa vaksinasi ke seluruh warga Indonesia tidak bisa langsung dilakukan.
Tunggu Vaksinasi, Asosiasi Prediksi Mal Baru Beranjak Pulih di Semester II 2021 (100639)
Pengunjung mengantre saat diperiksa suhu tubuhnya secara digital sebelum memasuki pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (29/5) Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Sehingga, Alphonzus memperkirakan setidaknya pada kuartal III pusat perbelanjaan bisa bergairah.
“Baru di awal Q 3 ataupun semester 2 nanti baru bisa beranjak pulih,” ujar Alphonzus.
Meski begitu, Alphonzus mengungkapkan kondisi pengusaha mal sudah mulai ingin buka. Hal itu berbeda pada saat awal COVID-19 yang menginginkan tutup karena biaya operasional atau produksi tidak mencukupi.
“Kalau kita lihat belakangan ini mereka ingin buka karena COVID enggak selesai-selesai, tutup terus juga jadi masalah buat mereka,” ungkapnya.
ADVERTISEMENT