Uang THR untuk Investasi Uang Kripto, Bolehkah?

13 Mei 2021 14:36
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Uang virtual Foto: REUTERS/DADO RUVIC
zoom-in-whitePerbesar
Uang virtual Foto: REUTERS/DADO RUVIC
ADVERTISEMENT
Momen Hari Raya Idul Fitri identik dengan pembagian Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para pekerja. Selain untuk menunjang kebutuhan hari raya, uang THR bisa juga digunakan untuk keperluan lain misalnya untuk tabungan bahkan disisihkan untuk investasi.
ADVERTISEMENT
Menariknya pada momen Lebaran tahun ini, investasi uang kripto juga tengah naik daun. Investasi mata uang virtual ini diburu masyarakat karena memberikan cuan yang sangat tinggi meskipun tidak lepas dari risiko yang besar.
Lalu, apakah uang THR bisa dialokasikan untuk berinvestasi pada mata uang virtual ini?
Brand and Communication Manager Zipmex Indonesia Nathanael Christian mengatakan, uang THR bisa digunakan untuk investasi kripto asal dilakukan dengan perencanaan matang dan tidak ada kebutuhan mendesak lainnya.
“Bisa. Asalkan dana THR yang ingin digunakan untuk investasi aset kripto bukan uang panas atau uang yang dibutuhkan dalam waktu dekat,” ujar Nathanael kepada kumparan, Kamis (13/5).
Sebuah toko di AS menjual mata uang Bitcoin. Foto: REUTERS/Edgar Su/File Photo
zoom-in-whitePerbesar
Sebuah toko di AS menjual mata uang Bitcoin. Foto: REUTERS/Edgar Su/File Photo
Nathanael tidak menyarankan masyarakat untuk berinvestasi menggunakan leverage atau utang, maupun dana khusus untuk cicilan KPR, uang sekolah, dan dana kebutuhan lainnya. “Hal ini akan membantu investor pemula untuk tidak terlalu terganggu apabila aset kripto yang diinvestasikan mengalami volatilitas yang signifikan,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Menurutnya untuk berinvestasi aset kripto, investor pemula bisa mulai dari dana kecil terlebih dahulu. Di Zipmex misalnya, pengguna dapat melakukan deposit mulai dari Rp 10 ribu saja. Bagi investor pemula, disarankan juga untuk memulai investasi dengan rencana yang matang. “Kami sarankan pemula juga melakukan pembelian secara bertahap,” ujarnya.
Dalam memilih koin atau token yang tepat, Zipmex juga menyarankan bagi investor pemula untuk membeli aset kripto yang telah ditinjau secara menyeluruh oleh tim ahli. Koin dan token ini bisa ditemukan dalam daftar aset platform exchange Zipmex. Sebab, aset kripto di Zipmex telah diulas secara mendalam dari berbagai sisi dan dilindungi oleh asuransi keamanan dari BitGo.
Terakhir dan tak kalah penting, investor pemula juga sangat disarankan untuk belajar mengenai aset kripto sembari berinvestasi. “Agar semakin paham mengenai aset kripto dan mengetahui apa saja yang mempengaruhi naik turun nilainya. Sehingga tidak mudah terbawa tren atau sentimen yang terjadi di pasar atau masyarakat,” tandasnya.
ADVERTISEMENT
****
Saksikan video menarik di bawah ini: