kumparan
29 Oktober 2018 16:32

26 Langkah: Betapa Lamanya Pogba Ambil Penalti

Pogba pada sebuah laga bersama Manchester United. (Foto: Peter Powell/Reuters)
Gara-gara tendangan penaltinya diblok Jordan Pickford, Paul Pogba pun ramai jadi perbincangan. Sampai-sampai, langkahnya ketika mengambil tendangan penalti pun ikut dianalisis.
ADVERTISEMENT
Minggu (28/10/2018) malam WIB, Pogba tampil bersama Manchester United di Old Trafford untuk menghadapi Everton. United memang tidak tampil sempurna pada pertandingan tersebut, tetapi mereka masih bisa meraup kemenangan 2-1 atas sang tamu.
Oke, lalu di mana masalah Pogba? Well, ketika United hampir buntu di pertandingan tersebut, Pogba-lah yang membawa mereka unggul pada menit ke-27. Gol Pogba sendiri berawal dari pelanggaran terhadap Anthony Martial yang berbuah penalti untuk ‘Iblis Merah’.
Sebagai salah satu eksekutor, Pogba pun maju mengambil tendangan. Namun, eksekusi Pogba dianggap buruk. Ia terlalu mengambil langkah sebelum akhirnya menendang —dan akhirnya diblok Pickford.
Beruntung buat Pogba, bola rebound mengarah ke dirinya lagi sehingga ia bisa menceploskan bola ke dalam gawang. “Saya beruntung. Namun, yang penting bolanya masuk dan saya mencetak gol —yang mana bagus buat saya dan kami sebagai tim,” ujar Pogba setelah pertandingan.
ADVERTISEMENT
Pogba memang punya kebiasaan seperti itu: Mengambil langkah-langkah kecil sebelum menyepak penalti. Namun, eksekusi semalam dianggap terlalu lama —bahkan lebih lama dari Usain Bolt ketika menyelesaikan lari 100 meternya.
Dalam catatan BBC, Pogba mengambil 26 langkah sebelum tendangannya diblok Pickford, rebound, dan akhirnya ia sambar kembali untuk menjadi gol. Dalam lima eksekusi penalti terakhirnya, ini adalah yang paling lama.
Ketika menghadapi Leicester, ia ‘hanya’ membutuhkan 17 langkah (dan mencetak gol); kala melawan Brighton, ia membutuhkan 8 langkah (dan akhirnya bikin gol juga). Sementara, ketika penaltinya gagal pada laga melawan Burnley, ia membutuhkan 18 langkah. Lalu, pada laga melawan Young Boys, ia melangkah 23 kali sebelum mencetak gol.
Total, Pogba sudah mengambil 92 langkah dalam lima eksekusi penaltinya musim ini. Artinya, rata-rata ia mengambil 18,4 langkah per penalti. Jadi, apakah ini waktunya mengubah pendekatannya dalam mengeksekusi penalti?
ADVERTISEMENT
“Saya selalu mencoba untuk menggoyahkan kiper. Mungkin, sekarang mereka tahu cara saya mengambil penalti. Mungkin, saya harus berlatih untuk mengubahnya, jika kiper-kiper sudah tahu cara saya,” kata Pogba.
Namun, tidak semua mengkritik Pogba. Rekan setimnya, Luke Shaw, justru berseloroh soal penalti itu.
“Melakukan comeback dan memperbarui kontrakmu,” tulis Shaw di akun Twitter-nya seraya membubuhi tagar ‘Hal-hal yang Bisa Kau Lakukan Ketika Menunggu Pogba Menendang Penalti’.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan