Bola & Sports
·
18 Oktober 2020 12:19

3 Alasan Bagus Kahfi Layak Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas U-19

Konten ini diproduksi oleh kumparan
3 Alasan Bagus Kahfi Layak Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas U-19 (97291)
Penyerang Garuda Select, Bagus Kahfi, saat mengalami cedera kontra Reading U-18. Foto: Dok. Garuda Select
Amiruddin Bagus Kahfi dikabarkan sudah pulih dari cedera. Sebelum cederanya itu, penyerang berambut ikal tersebut selalu menjadi andalan Timnas U-19. Lantas, apakah ia akan kembali mendapatkan tempat di skuat 'Garuda Muda'?
ADVERTISEMENT
Bagus mengalami cedera patah kaki dan pergeseran ligamen di bagian kiri dalam laga Garuda Select vs Reading U-18 pada Maret 2020. Hal itu terjadi setelah ia melakukan duel udara dengan Michael Stickland.
Cedera Bagus langsung ditangani Dokter di Inggris. Ia menjalani rangkaian program pemulihan di The Lewin Sports Injury Clinic. Kini, saudara kembar Bagas Kaffa itu dikabarkan siap kembali merumput.
Nah, sekarang kumparan bakal menyajikan 3 alasan mengapa Bagus masih layak dipanggil ke skuat Timnas U-19. Silakan disimak.

Kualitas tak perlu diragukan

3 Alasan Bagus Kahfi Layak Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas U-19 (97292)
Pemain Indonesia Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Lini depan Timnas U-19 saat ini masih sering bergonta-ganti wajah. Nampaknya, Pelatih Shin Tae-yong belum menemukan sosok yang pas sebagai ujung tombak.
Kehadiran Bagus bisa menjadi solusi. Menyoal kualitas, pemain yang satu ini juga tak perlu diragukan lagi. Bagus memiliki kecepatan dan skill olah bola yang baik. Selain itu, sepakan akuratnya membuat Bagus kian menakutkan di kotak penalti lawan.
ADVERTISEMENT
Hal itu sudah ia buktikan kala menjadi top skor bagi skuat 'Garuda Muda' di ajang Kualifikasi Piala Asia U-19 tahun lalu di Jakarta.

Timnas U-19 butuh sosok penyerang tajam

3 Alasan Bagus Kahfi Layak Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas U-19 (97293)
Selebrasi pemain timnas Indonesia U-19 Bagus Kahfi usai mencetak gol ke gawang timnas China U-19 di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (17/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Sekadar informasi, Bagus bisa bermain sebagai penyerang sayap maupun penyerang tengah. Hal itu sudah ia buktikan saat masih ditangani Pelatih Fakhri Husaini.
Sejauh ini para penyerang Timnas U-19 masih belum tampil maksimal. Bahkan, top skor 'Garuda Muda' saat ini dipegang oleh Witan Sulaeman yang notabenenya adalah seorang gelandang.
Bagus bisa menjadi jawaban atas tumpulnya lini depan skuat 'Garuda Muda'. Pergerakan 'liar' khas pemain berusia 18 tahun ini bisa dimanfaatkan dalam skema 4-4-2 maupun 4-3-3.
Dengan begitu, Shin memiliki opsi untuk memasangnya sebagai penyerang sayap maupun seorang target man, jika ia benar-benar memanggil Bagus ke dalam skuat pilihannya.
ADVERTISEMENT

'Orang lama' di Timnas U-19

3 Alasan Bagus Kahfi Layak Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas U-19 (97294)
Pemain Timnas Indonesia U-19 Bagus Kahfi (kanan) berusaha melewati pemain Timnas Hong Kong U-19 di Stadion Madya GBK, Jakarta, Jumat (8/11). Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Tak butuh banyak waktu bagi Bagus untuk nyetel dengan pola permainan Shin Tae-yong. Pasalnya, penyerang yang satu ini adalah 'orang lama' di Timnas U-19.
Beberapa pemain yang menghuni skuat 'Garuda Muda' saat ini pernah bermain bersama Bagus di era kepelatihan sebelumnya saat Coach Fakhri Husaini memimpin.
Dengan begitu, Bagus diyakini akan cepat beradaptasi dengan skema yang diterapkan Shin Tae-yong.
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.