Bola & Sports
·
20 Mei 2021 18:27

3 Fakta Rifad Marasabessy, Bek Timnas yang Kena Jewer Shin Tae-yong

Konten ini diproduksi oleh kumparan
3 Fakta Rifad Marasabessy, Bek Timnas yang Kena Jewer Shin Tae-yong (9595)
searchPerbesar
Rifad Marasabessy. Foto: Instagram/@mrifadmarssy12
Shin Tae-yong memberi Rifad Marasabessy pelajaran berharga. Pelatih asal Korea Selatan itu menjewer telinga salah satu bek yang dipanggilnya ke Timnas Indonesia untuk laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 itu karena pola makan yang dianggap serampangan.
ADVERTISEMENT
Shin sejauh ini dikenal sangat tegas untuk segala hal, termasuk asupan gizi. Baginya, makanan dan minuman yang masuk ke tubuh pemain akan berpengaruh kepada performa mereka di Timnas Indonesia.
"Untuk meningkatkan fisik, butuh konsumsi makanan yang benar. Karena tadi ada pemain yang konsumsinya tidak benar, maka saya tegur sedikit. Harus makan high protein agar bisa meningkatkan kondisi fisik mereka," ujar Shin, dikutip dari kanal YouTube PSSI.
Walau terkesan bandel, Rifad Marasabessy sejatinya adalah pemain muda berbakat. Berikut ini, kumparan sajikan fakta-fakta terkait dirinya. Silakan disimak.

1) Rifad Marasabessy sang andalan 'Garuda Muda'

Rifad Marasabessy adalah pemain yang kerap dipanggil untuk mengisi skuad 'Garuda Muda'. Transfermarkt mencatat bek bertinggi 168 cm itu telah memiliki 2 caps di Timnas U-23 dan 15 caps serta 1 gol di Timnas U-19.
ADVERTISEMENT
Rifad ada di skuad Timnas U-19 yang meraih peringkat ketiga kejuaraan Piala AFF U-19 2017 dan 2018. Kali ini, bersama Timnas Indonesia senior, ia akan bereuni dengan beberapa rekannya kala itu, termasuk Egy Maulana Vikri.

2) Rifad Marasabessy adalah anggota TNI

3 Fakta Rifad Marasabessy, Bek Timnas yang Kena Jewer Shin Tae-yong (9596)
searchPerbesar
Rifad Marasabessy (kiri). Foto: Instagram/@mrifadmarssy12
Rifad Marasabessy adalah anggota dari Tentara Nasional Indonesia (TNI). Selaras dengan karier sepak bolanya, pemain kelahiran 7 Juli 1999 itu juga pernah membela TIRA-Persikabo selama 2019–2021. Ia pun pernah menjadi bagian dari tim PS TNI U-21 yang menjuarai ISC U-21 2016.
Maka dari itu, agak ironis melihat Rifad kena hukuman jewer akibat tidak disiplin terkait makanan. Namun bisa jadi, pemain yang kini membela Borneo FC ini memang belum begitu memahami informasi terkait gizi.
ADVERTISEMENT

3) Rifad Marasabessy berasal dari Tulehu

3 Fakta Rifad Marasabessy, Bek Timnas yang Kena Jewer Shin Tae-yong (9597)
searchPerbesar
Rifad Marasabessy. Foto: Instagram/@mrifadmarssy12
Rifad Marasabessy adalah satu dari sekian banyak bakat sepak bola asal Tulehu. Ini menjadi bukti bahwa wilayah di Maluku itu tak pernah kehabisan talenta.
Hendra Bayauw, Hasyim Kipuw, Ramdani Lestaluhu, Alfin Tuasalamony, dan Imran Nahumarury adalah contoh pemain sepak bola asal Tulehu. Kini, Rifad Marasabessy menjadi salah satu penerus mereka.
***