Bola & Sports
·
21 Juni 2021 17:09
·
waktu baca 1 menit

3 Kakak-Adik yang Cetak Gol di Sepanjang Sejarah Euro

Konten ini diproduksi oleh kumparan
3 Kakak-Adik yang Cetak Gol di Sepanjang Sejarah Euro (564443)
searchPerbesar
Brian Laudrup dan Michael Laudrup. Foto: GEORGES GOBET / AFP
Euro adalah kompetisi tempat para pesepak bola terbaik Eropa unjuk gigi. Ada beberapa pemain yang tidak terlahir berbakat sendirian, melainkan juga memiliki saudara kandung yang tak kalah hebat, sehingga bisa sama-sama membela timnas.
ADVERTISEMENT
Dalam sejarahnya, terdapat kakak dan adik yang sama-sama bisa mencetak gol. Ini tentu menjadi catatan menarik dari turnamen terbesar di Benua Biru tersebut.
Opta memaparkan bahwa ada tiga pasang kakak-adik yang pernah mencetak gol di Euro, meski dalam edisi yang berbeda. Siapa saja? Silakan disimak.

1) Frank de Boer dan Ronald de Boer

3 Kakak-Adik yang Cetak Gol di Sepanjang Sejarah Euro (564444)
searchPerbesar
Frank de Boer dan Ronald de Boer. Foto: KARIM JAAFAR / AFP
Frank de Boer dan Ronald de Boer sama-sama pernah membela Timnas Belanda di Euro. Mereka mencetak gol di babak grup Euro 2000.
Ronald mencetak satu dari tiga gol kemenangan 3-0 Timnas Belanda atas Denmark. Sementara, Frank mencetak masing-masing satu gol ke gawang Republik Ceko (gol tunggal kemenangan Belanda) dan ke gawang Prancis (membantu Belanda menang 3-2).
ADVERTISEMENT
Khusus untuk Frank, ia kini melatih De Oranje di Euro 2020.

2) Michael Laudrup dan Brian Laudrup

3 Kakak-Adik yang Cetak Gol di Sepanjang Sejarah Euro (564445)
searchPerbesar
Brian Laudrup dan Michael Laudrup. Foto: PATRICK HERTZOG / AFP
Brian Laudrup dan Michael Laudrup sama-sama pernah membela Timnas Denmark di Euro. Michael yang berposisi sebagai gelandang mencetak 1 gol saat Denmark kalah 2-3 di babak grup Euro 1988.
Sang adik yang 5 tahun lebih muda mencetak tiga gol di babak grup Euro 1996. Brian yang berposisi sebagai striker mencetak 1 gol saat Denmark diimbangi Portugal dan 2 gol saat 'Tim Dinamit' mengalahkan Turki 3-0.

3) Eden Hazard dan Thorgan Hazard

3 Kakak-Adik yang Cetak Gol di Sepanjang Sejarah Euro (564446)
searchPerbesar
Eden Hazard dan Thorgan Hazard, dua bersaudara di Timnas Belgia. Foto: REUTERS/Yiannis Kourtoglou
Eden Hazard dan Thorgan Hazard sama-sama pernah membela Timnas Belgia di Euro. Dua kakak-adik yang sama-sama bisa bermain sebagai winger ini mencetak gol dalam dua edisi turnamen yang berbeda.
ADVERTISEMENT
Eden Hazard mencetak 1 dari 4 gol kemenangan 4-0 Belgia atas Hongaria di babak 16 besar Euro 2016. Thorgan yang tiga tahun lebih muda mencetak 1 dari 2 gol kemenangan 2-1 pasukan Roberto Martinez atas Denmark di Euro 2020.
****