Bola & Sports
·
26 April 2021 19:44

3 Wonderkid Piala Menpora yang Siap Unjuk Gigi di Liga 1

Konten ini diproduksi oleh kumparan
3 Wonderkid Piala Menpora yang Siap Unjuk Gigi di Liga 1  (457993)
searchPerbesar
Pemain PSM Makassar M. Arfan (kanan) berebut bola dengan pemain PSIS Semarang Pratama Arhan pada pertandingan perempatfinal Piala Menpora di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Jumat (9/4). Foto: Ari Bowo Sucipto/ANTARA FOTO
Meski penuh gengsi dan tensi tinggi, gelaran turnamen pramusim Piala Menpora sejatinya ditujukan untuk mempersiapkan tim jelang kompetisi resmi Liga 1. Baiknya, para Pelatih memberi kepercayaan kepada pemain muda di kompetisi ini.
ADVERTISEMENT
Beberapa tim sejatinya juga sudah memberi kesempatan kepada para pemain muda mereka. Hasilnya, ada yang memuaskan, ada juga yang masih perlu dibenahi.
Nah, untuk mereka yang tampil memuaskan, peluang tuk masuk skuad inti tim di kompetisi resmi Liga 1 kian terbuka lebar. Lantas, siapa saja mereka? Berikut kumparanBOLA rangkum di bawah ini.

Beckham Putra (19 Tahun)

3 Wonderkid Piala Menpora yang Siap Unjuk Gigi di Liga 1  (457994)
searchPerbesar
Pemain Persib Bandung Beckham Putra (kedua kanan) berusaha melewati pemain Persija Jakarta Baif Fatari (kanan) dan Marc Klok (ketiga kanan) pada pertandingan leg dua Final Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (25/4). Foto: Mohammad Ayudha/ANTARA FOTO
Beckham Putra beruntung pelatih Persib, Robert Rene Alberts, mempercayakan pemain muda untuk tampil di skuadnya. Alhasil, Beckham menjadi salah satu wonderkid yang punya banyak menit bermain di Piala Menpora.
Sebagaimana diketahui, Persib sukses melaju hingga partai puncak Piala Menpora. Tercatat, 'Maung Bandung' memainkan total 8 pertandingan: 3 laga babak grup, 1 laga perempat final, 2 laga semifinal dan 2 laga final.
ADVERTISEMENT
Nah, di 8 pertandingan itu, Beckham selalu dimainkan. Memang, sih, ia kerap hanya turun dari bangku cadangan. Namun, Beckham punya koleksi menit bermain yang cukup banyak, yakni 389 menit sepanjang kompetisi.

Braif Fatari (19 Tahun)

3 Wonderkid Piala Menpora yang Siap Unjuk Gigi di Liga 1  (457995)
searchPerbesar
Braif Fatari di laga Persija vs Persib di leg pertama final Piala Menpora 2021, Kamis (22/4) Foto: Twitter/@Persija_Jkt
Salah satu alasan Persija jarang menurunkan pemain muda adalah karena sempat terseok-seok di awal kompetisi, sehingga membutuhkan kemenangan.
Setelah 'Macan Kemayoran' menunjukkan progresi positif, barulah Pelatih Sudirman memberi kesempatan kepada pemain muda. Adalah Braif Fatari yang jadi wonderkid Persija yang sukses mencuri perhatian.
Sebelum melaju ke partai final, Braif hanya diturunkan dua kali di fase grup hingga semifinal. Itu pun ia lakukan dari bangku cadangan.
Pelatih Sudirman kemudian menurunkan Braif sejak awal di dua leg final kontra Persib Bandung. Bahkan, pada kesempatan pertamanya, Braif sukses membayar kepercayaan tersebut dengan mencetak gol cepat saat laga baru berjalan 32 detik--rekor gol tercepat di Piala Menpora.
ADVERTISEMENT

Pratama Arhan (19 Tahun)

3 Wonderkid Piala Menpora yang Siap Unjuk Gigi di Liga 1  (457996)
searchPerbesar
Pemain PSIS Semarang Pratama Arhan Alif Rifai (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Arema FC pada pertandingan Piala Menpora 2021. Foto: Mohammad Ayudha/Antara Foto
Nama yang satu ini mungkin sudah tak asing, mengingat Arhan beberapa waktu ke belakang sukses tampil apik bersama Timnas U-19.
Menempati posisi bek kiri, Arhan sudah menjadi andalan PSIS di Piala Menpora. Ia selalu turun sejak menit awal dan bermain sepanjang 90 menit penuh.
Arhan tercatat bermain di empat laga Piala Menpora sejak babak grup hingga tersingkir di perempat final. Ia juga punya koleksi dua gol serta satu assist.
Berkat penampilan apiknya, Arhan juga didaulat sebagai pemain muda terbaik di Piala Menpora.
---