Bola & Sports
·
25 Mei 2021 12:21
·
waktu baca 2 menit

4 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Jadi Pembeda saat Kontra Afghanistan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
4 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Jadi Pembeda saat Kontra Afghanistan (25858)
searchPerbesar
Timnas Indonesia jalani latihan di Dubai, Uni Emirat Arab. Foto: PSSI
Timnas Indonesia akan segera menjajal kekuatan Afghanistan dalam laga uji coba di Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (25/5) malam WIB. Sejumlah nama berpeluang tampil sebagai pembeda di laga malam nanti.
ADVERTISEMENT
Laga ini menjadi pertandingan uji coba pertama Timnas Indonesia di Dubai jelang lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pada Sabtu (29/5), skuad 'Garuda' akan melawan tim Timur Tengah lainnya, Oman.
Nah, ada sejumlah pemain timnas Indonesia yang berpotensi menjadi pembeda di laga versus Afghanistan malam nanti. Mulai dari punya kemampuan unik, hingga pengalaman bersaing di kompetisi luar negeri, jadi alasannya.
Lantas, siapa saja mereka? Berikut kumparanBOLA sajikan 4 penggawa Timnas Indonesia yang bisa jadi pembeda di laga kontra Afghanistan.

1) Ryuji Utomo

4 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Jadi Pembeda saat Kontra Afghanistan (25859)
searchPerbesar
Ryuji Utomo bersama Penang FC. Foto: Instagram/@officialpenangfc
Ryuji Utomo sudah menunjukkan perkembangan positif dalam beberapa musim terakhir, terutama dalam hal membentuk dan menjaga kebugaran tubuh.
Saat ini, Ryuji memiliki postur tubuh yang jauh lebih besar dibanding musim-musim sebelumnya. Tampaknya, ia akan dengan mudah menyegel satu slot di pos inti centre back.
ADVERTISEMENT
Ryuji juga sudah membuktikan kualitasnya selama bermain di Liga Malaysia. Ia langsung menjadi pemain inti, dan membawa Penang FC bersaing di papan atas.

2) Pratama Arhan

4 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Jadi Pembeda saat Kontra Afghanistan (25860)
searchPerbesar
Pemain PSIS Semarang Pratama Arhan Alif Rifai (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Arema FC pada pertandingan Piala Menpora 2021. Foto: Mohammad Ayudha/Antara Foto
Nama selanjutnya adalah Pratama Arhan. Well, Arhan memang punya kemampuan unik selain kecepatan dan umpan-umpan akurat--yang mana jadi atribut wajib bek sayap.
Ya, Arhan memiliki kemampuan lemparan ke dalam jarak jauh. Kebolehan ini bisa dimanfaatkan dalam situasi-situasi tertentu. Tak jarang, saat bermain di timnas U-19, lemparan jarak jauhnya berhasil menciptakan kemelut di depan gawang lawan.

3) Evan Dimas

4 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Jadi Pembeda saat Kontra Afghanistan (25861)
searchPerbesar
Selebrasi pemain timnas Indonesia Evan Dimas usai mencetak gol ke gawang Vanuatu dalam pertandingan persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (15/6). Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Kemampuan mengatur ritme pertandingan dimiliki gelandang bernama Evan Dimas. Ya, berperan di lini tengah, Evan bisa menjadi penyeimbang permainan tim atau juga playmaker.
Selain bisa menjaga kedalaman, Evan juga punya umpan-umpan akurat. Ia akan menjadi jembatan dalam sirkulasi bola antarlini. Kualitasnya ini masih terlihat kala membela Bhayangkara FC di Piala Menpora 2021.
ADVERTISEMENT
Menurut pemaparan Lapangbola.com, Evan tercatat melepas total 110 umpan sukses dari tiga laga. Atau, itu juga berarti 36,67 umpan sukses per laga, selalu menjadi yang terbaik untuk urusan umpan di setiap laga. Ia juga mencatatkan dua kali create chance.

4) Egy Maulana Vikri

4 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Jadi Pembeda saat Kontra Afghanistan (25862)
searchPerbesar
Pemain Timnas U-22 Indonesia Egy Maulana Vikri berebut bola dengan pemain Timnas Singapura saat pertandingan SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Filipina. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Sama hal dengan Ryuji, Egy Maulana Vikri juga perlahan menunjukkan transformasi tubuh menjadi lebih kekar. Hal ini ia dapat dalam menu latihan bersama Lechia Gdansk.
Egy adalah gelandang bertipikal gesit, dan punya skill di atas rata-rata. Pengalaman merumput di Liga Polandia diharapkan mampu membikin lini tengah 'Garuda' semakin kuat.
---