Bola & Sports16 September 2020 18:52

5 Kandidat Terkuat Peraih Golden Boy 2020, Ada Favoritmu?

Konten Redaksi kumparan
5 Kandidat Terkuat Peraih Golden Boy 2020, Ada Favoritmu? (1474485)
Jadon Sancho dan Erling Haaland merupakan kandidat peraih Golden Boy 2020. Foto: REUTERS/Leon Kuegeler
Musim lalu, para pencinta sepak bola telah dimanjakan oleh performa luar biasa yang ditunjukkan sejumlah pemain muda. Pada tahun 2019, Joao Felix berhasil menyabet gelar Golden Boy.
ADVERTISEMENT
Lantas, siapakah yang bakal dinobatkan jadi yang terbaik untuk edisi tahun ini?
Golden Boy merupakan salah satu penghargaan individu pesepak bola paling bergengsi di dunia. Gelar ini diberikan kepada pemain di bawah usia 21 tahun.
Penghargaan ini pertama kali diinisasi oleh media asal Italia, Tuttosport, pada 2003 silam. Sistem pemilihan Golden Boy ini melibatkan jurnalis-jurnalis dari media-media kenamaan Eropa. Sang pemenang ditentukan berdasarkan suara terbanyak melalui voting.
Media-media yang berpartisipasi antara lain The Times (Inggris), L'Équipe, France Football (Prancis), Marca, Mundo Deportivo (Spanyol), Bild (Jerman), Blick (Swiss), De Telegraaf (Belanda), A Bola (Portugal), Ta Nea ( Yunani) dan Sport Express (Rusia).
Adapun pemain-pemain yang yang pernah meraih penghargaan ini antara lain Matthijs de Ligt, Kylian Mbappe, Anthony Martial, Raheem Sterling, Paul Pogba, Isco, Mario Balotelli, Sergio Aguero, Cesc Fabregas, hingga Lionel Messi.
ADVERTISEMENT
kumparanBOLA telah memilih lima kandidat terkuat yang akan bersaing meraih penghargaan Golden Boy 2020, berikut daftarnya.

Bukayo Saka - Arsenal

5 Kandidat Terkuat Peraih Golden Boy 2020, Ada Favoritmu? (1474486)
Bukayo Saka dalam balutan Jersi Arsenal 2020/21. Foto: Instagram/@arsenal
Baru berusia 18 tahun saat memulai debutnya, Bukayo Saka menjelma menjadi idola baru sekaligus tumpuan di Arsenal. Di bawah asuhan Mikel Arteta, Saka menjadi pemain yang serba bisa.
Berposisi asli sebagai bek kiri, pemain asal Inggris itu kerap dipasang sebagai winger musim lalu. Hasilnya pun tidak main-main. Dari 38 pertandingan, Saka mampu mencetak 4 gol dan 11 assist, yang menjadikan dirinya pemain dengan assist terbanyak di skuat Arsenal.

Mason Greenwood - Manchester United

5 Kandidat Terkuat Peraih Golden Boy 2020, Ada Favoritmu? (1474487)
Pemain Manchester United Mason Greenwood melakuakn selebrasi usai mencetak gol (yang dianulir) ke gawang FC Copenhagen di Stadion RheinEnergie, Cologne, Jerman, Senin (10/8). Foto: Wolfgang Rattay/Pool via REUTERS
Mason Greenwood telah menjadi tumpuan MU untuk mencetak gol. Menjalani musim penuh pertamanya sebagai pemain senior, remaja asal Inggris ini sanggup menyumbangkan 19 gol dan 5 assist dari 51 pertandingan di semua kompetisi.
ADVERTISEMENT
Dengan kemampuan finishing dari kaki kanan dan kiri yang sama bagusnya, serta ketenangan saat menyelesaikan peluang, Mason Greenwood dinilai bisa menjadi salah satu penyerang terbaik tak cuma di Liga Inggris, tapi di tingkat dunia.

Jadon Sancho - Borussia Dortmund

5 Kandidat Terkuat Peraih Golden Boy 2020, Ada Favoritmu? (1474488)
Jadon Sancho merayakan golnya ke gawang Paderborn. Foto: Lars Baron/Pool/AFP
Jadon Sancho boleh dibilang merupakan kandidat terkuat untuk meraih penghargaan tersebut tahun ini. Selain menempati posisi runner up pada edisi tahun lalu, winger Borussia Dortmund itu juga tampil fantastis sepanjang musim 2019/20.
Sancho telah mencetak 20 gol dan 20 assist dari 41 pertandingan di semua kompetisi musim lalu. Berkat performanya itu, pemain berusia 20 tahun itu juga menjadi rebutan klub-klub top Eropa.

Alphonso Davies - Bayern Muenchen

5 Kandidat Terkuat Peraih Golden Boy 2020, Ada Favoritmu? (1474489)
Alphonso Davies bersama trofi Liga Champions. Foto: Reuters/Pool
Alphonso Davies telah berkembang menjadi bek kiri yang luar biasa di bawah Hansi Flick. Ia mampu memberi Bayern Muenchen dimensi yang nyata dalam hal serangan dan pertahanan.
ADVERTISEMENT
Diberkati dengan kecepatan dan kemampuan melakukan tipuan menakutkan dengan bola di kakinya, Davies memecahkan rekor menjadi pemain tercepat di Bundesliga. Ia berhasil mencatatkan 3 gol dan 10 assist dalam 46 laga dan membantu Die Roten meraih Treble musim lalu.

Erling Braut Haaland - Borussia Dortmund

5 Kandidat Terkuat Peraih Golden Boy 2020, Ada Favoritmu? (1474490)
Erling Haaland. Foto: Ronny Hartmann/Pool via REUTERS
Erling Haaland sukses menghebohkan Benua Biru dengan aksi mempesonanya di Liga Champions bersama klub semenjana, RB Salzburg.
Dia kemudian pindah ke Dortmund pada musim dingin dan tetap mampu beradaptasi dengan liga yang lebih kompetitif.
Pemain berusia 21 tahun itu dianugerahi fisik atletis, pergerakan yang agresif di sepertiga akhir lapangan, dan yang paling penting, kemampuan untuk menemukan celah untuk membobol gawang dengan berbagai gaya.
Pemuda asal Norwegia itu tercatat telah mengemas 44 gol dan 10 assist dari 44 laga musim lalu.
ADVERTISEMENT
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.