5 Pemain Barcelona yang Diuntungkan Usai Pemecatan Koeman, Umtiti hingga Pjanic

29 Oktober 2021 11:16
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
5 Pemain Barcelona yang Diuntungkan Usai Pemecatan Koeman, Umtiti hingga Pjanic (121878)
zoom-in-whitePerbesar
Ronald Koeman. Foto: Gabriel Bouys/AFP
ADVERTISEMENT
Ronald Koeman resmi dipecat Barcelona pada Kamis (28/10) menyusul serangkaian hasil buruk. Selain memberi kesempatan Blaugrana untuk berbenah, pemecatan ini menjadi angin segar untuk beberapa pemain.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, ada beberapa pemain yang 'dianaktirikan' oleh pelatih asal Belanda tersebut. Sportskeeda melansir beberapa nama yang akan diuntungkan usai pemecatan Koeman. Siapa saja mereka? Simak selengkapnya di sini.

Yusuf Demir

Menjadi pemain muda di Barcelona saat Koeman menjabat merupakan hal yang tidak mudah. Bukti nyata dari kesulitan tersebut dirasakan playmaker asal Austria, Yusuf Demir. Pemain 18 tahun itu didatangkan dari Rapid Vienna dengan status pinjaman pada jendela transfer musim panas kemarin.
Sebenarnya, Demir memiliki performa yang cukup oke saat berlaga di pramusim sehingga masuk dalam skema Koeman. Saat memasuki musim kompetisi, pelatih asal Belanda itu malah menempatkan Demir sebagai penghangat bangku cadangan.
Demir hanya mencatatkan 187 menit waktu bermain di Liga Spanyol hingga kini. Alhasil, Barcelona sempat mempertimbangkan untuk tidak mempermanenkan kontraknya. Namun, setelah Koeman dipecat, nampaknya Demir memiliki keuntungan lebih perihal jam terbangnya dan kontraknya kelak.
ADVERTISEMENT

Miralem Pjanic

5 Pemain Barcelona yang Diuntungkan Usai Pemecatan Koeman, Umtiti hingga Pjanic (121879)
zoom-in-whitePerbesar
Pemain FC Barcelona Miralem Pjanic berebut bola dengan pemain Athletic Bilbao pada pertandingan lanjutan Liga Spanyol di Camp Nou, Barcelona, Spanyol. Foto: LLUIS GENE / AFP
Kedatangan Ronald Koeman sejak tahun lalu membuat Miralem Pjanic harus angkat koper dari Blaugrana. Alasannya, Koeman jarang melibatkan Pjanic untuk mengisi lapangan tengah sehingga ia lebih banyak berada di bangku cadangan.
Menurut data Transfermarkt, jenderal lapangan tengah berusia 31 tahun itu pindah ke Besiktas dengan status pinjaman hingga Januari tahun depan. Sebenarnya, Pjanic masih bersikeras untuk bertahan di Camp Nou meskipun egonya harus dikalahkan keputusan sang nakhoda.
"Itu adalah situasi yang sulit untuk diterima, tetapi saya tidak mau bertengkar. Di sana ada orang yang tidak mau berubah. Dia adalah pelatih. Kurangnya rasa hormat untuk klub dan bagi mereka yang tidak bermain setelah berlatih keras," ucap Pjanic.
Usai Koeman didepak, Pjanic memiliki kesempatan untuk mengembalikan eksistensinya sebagai pemain inti Barcelona setelah kontraknya di Besiktas habis nanti.
ADVERTISEMENT

Clement Lenglet

5 Pemain Barcelona yang Diuntungkan Usai Pemecatan Koeman, Umtiti hingga Pjanic (121880)
zoom-in-whitePerbesar
Aksi pemain Barcelona Clement Lenglet saat mencetak gol ke gawang Napoli di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Sabtu (8/8). Foto: Albert Gea/REUTERS
Tak hanya berurusan dengan para pemain depan, Koeman juga memiliki masalah dengan bek Blaugrana. Clement Lenglet adalah salah satu nama pemain bertahan yang jarang dipilih Koeman untuk mentas.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Bek asal Prancis itu jarang dimainkan sebab kalah pamor dari Eric Garcia dan Gerard Pique. Tercatat, Lenglet hanya bermain sebanyak 185 menit sejauh ini di semua kompetisi.
Bahkan, Lenglet hanya sekali bermain full time saat Blaugrana berlaga di Liga Champions 2021/22 melawan Kyiv. Bukan tanpa alasan, saat itu Koeman memang tidak memiliki stok bek sebab Ronald Araujo dan Eric Garcia harus absen.
Lenglet bisa disebut sebagai pilihan terakhir juru taktik asal Belanda itu. Berangkat dari hal tersebut, pemecatan Koeman akan menjadi angin segar sebab Lenglet bisa saja menjadi pilihan utama di tangan pelatih baru.
ADVERTISEMENT

Samuel Umtiti

5 Pemain Barcelona yang Diuntungkan Usai Pemecatan Koeman, Umtiti hingga Pjanic (121881)
zoom-in-whitePerbesar
Samuel Umtiti dalam laga Liga Champions yang dijalani Barcelona. Foto: LLUIS GENE / AFP
Tak jauh berbeda dengan Lenglet, Samuel Umtiti juga 'dianaktirikan' oleh Koeman. Parahnya lagi, Koeman pernah diisukan akan membuang bek asal Prancis itu di bursa transfer kemarin meskipun akhirnya gagal.
Ya, Koeman tidak terlalu membutuhkan jasa Umtiti sebab ia lebih mempercayai Eric dan Pique sebagai jantung pertahan Blaugrana. Alhasil, bek berusia 27 tahun itu belum pernah merumput satu laga pun di musim ini.
Kepergian Koeman tentunya akan menjadi peluang besar Umtiti untuk membuktikan bagaimana sebenarnya kualitas dirinya. Akankah nanti Umtiti bakal diberi banyak waktu bermain di tangan juru taktik anyar?

Riqui Puig

5 Pemain Barcelona yang Diuntungkan Usai Pemecatan Koeman, Umtiti hingga Pjanic (121882)
zoom-in-whitePerbesar
Riqui Puig, calon suksesor Xavi dan Iniesta. Foto: AFP/Lluis Gene
Riqui Puig bisa dikatakan sebagai korban sikap egois Ronald Koeman. Bakat wonderkid jebolan La Masia ini jarang dimanfaatkan pelatih berkebangsaan Belanda untuk mengisi lapangan tengah Barcelona.
ADVERTISEMENT
Menurut Transfermarkt, pesepak bola asal Spanyol itu hanya diberi waktu bermain sebanyak 72 menit saja sejauh ini. Parahnya lagi, Koeman sempat menyuruh Puig untuk pindah dari Barcelona jika ingin mendapatkan waktu bermain lebih banyak.
Hal tersebut sontak membuat masa depan Puig bersama klub impiannya itu sirna seketika. Namun, 'Dewi Fortuna' seakan berpihak kepada pria 22 tahun itu saat Koeman didepak klub. Momen tersebut tentunya akan menjadi angin segar untuk membuktikan bagaimana kualitasnya.
Penulis: Hamas Nurhan R T
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020