Bola & Sports
·
27 Juli 2021 11:37
·
waktu baca 2 menit

5 Pemain Bintang yang Tak Bermain di Kompetisi Eropa, Ada Dua Eks Barcelona

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Pemain Bintang yang Tak Bermain di Kompetisi Eropa, Ada Dua Eks Barcelona (841662)
searchPerbesar
Andres Iniesta diperkenalkan Vissel Kobe Foto: REUTERS/Toru Hanai
Benua Eropa menjadi tujuan utama para pemain sepak bola untuk berkarier. Hal ini didasari liga-liga di Eropa memiliki persaingan yang ketat dengan dengan dihiasi pemain bintang.
ADVERTISEMENT
Namun, saat ini, berbagai liga di luar Eropa sudah berkembang ke tingkat yang lebih baik dari sebelumnya. Bahkan, mereka rela menggelontorkan uangnya untuk mendatangkan pemain bintang yang pernah tampil di Eropa.
Lantas, siapa saja pemain itu? Per Sportskeeda, berikut 5 pemain bintang yang tidak bermain di Eropa.

Andres Iniesta (Vissel Kobe)

Mantan gelandang Barcelona, Andres Iniesta menjadi salah satu pemain produk terbaik La Masia. Ia adalah pemain kunci di lini tengah Barcelona kala memenangkan treble winner. Setelah 16 tahun bersama Blaugrana, Iniesta memutuskan pindah ke klub Liga Jepang, Vissel Kobe.
Selama di Jepang, pemain 37 tahun ini tetap memberikan 86 penampilan dengan 18 gol dan 19 assist . Ia telah memenangkan Piala Kaisar dan Piala Super Jepang saat dia terus tampil mengesankan dengan kreativitas dan umpannya.
ADVERTISEMENT

Oscar (Shanghai Port)

5 Pemain Bintang yang Tak Bermain di Kompetisi Eropa, Ada Dua Eks Barcelona (841663)
searchPerbesar
Oscar saat berseragam Chelsea. Foto: AFP/MICHAL CIZEK
Pada 2017, Oscar meninggalkan Chelsea untuk bergabung ke klub Liga China dengan biaya transfer mencapai 54 juta poundsterling (sekitar Rp 1 triliun kurs saat ini).
Transfer Oscar ini menjadi langkah awal Liga China merekrut pemain-pemain bintang Eropa. Meski trennya telah berhenti, Oscar tetap konsisten untuk bermain di Shanghai. Hingga saat ini, telah membuat 152 penampilan di semua kompetisi untuk Shanghai dengan mencetak 48 gol dan memberikan 82 assist.

Dani Alves (Sao Paulo)

5 Pemain Bintang yang Tak Bermain di Kompetisi Eropa, Ada Dua Eks Barcelona (841664)
searchPerbesar
Dani Alves. Foto: Reuters/Pool
Dani Alves pernah memainkan peran sebagai bek kanan terbaik dunia kala berseragam Barcelona, Juventus, hingga PSG. Pada 2019, ia memilih untuk bermain di Liga Brasil untuk klub Sao Paolo.
Hingga saat ini, Alves telah bermain sebanyak 91 penampilan dengan menyumbang sembilan gol dan 14 assist. Di Sao Paulo ia bermain sebagai gelandang dan menjadi bagian dari tim Brasil di Olimpiade Tokyo 2020.
ADVERTISEMENT

Andre-Pierre Gignac (Tigres UANL)

Gignac secara mengejutkan hengkang dari Marseille ke klub Liga Meksiko Tigres UANL pada 2015. Keputusan pemain internasional Prancis itu terbukti sangat tepat, karena enam tahun kemudian, Gignac adalah pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa.
Dalam 261 penampilan di semua kompetisi, Gignac telah mencetak 149 gol dan memberikan 36 assist untuk klub. Musim depan, Florian Thauvin akan bergabung bersama Gignac di Tigres UANL.

Gabriel Barbosa (Flamengo)

5 Pemain Bintang yang Tak Bermain di Kompetisi Eropa, Ada Dua Eks Barcelona (841665)
searchPerbesar
Pemain Timnas Brasil Gabriel Barbosa menghadang pemain Timnas Ekuador Pervis Estupinan pada pertandingan persahabatan di Estadio Beira-Rio, Porto Alegre, Brasil. Foto: SILVIO AVILA / AFP
Pemain muda berbakat asal Santos sempat mengejutkan setelah dibeli Inter Milan dengan harga 26,5 juta poundsterling (sekitar Rp 530 miliar) pada 2016. Sayangnya, selama di Inter ia kesulitan untuk mendapat posisi utama hingga akhirnya dipinjamkan ke Benfica.
Pada 2020, ia resmi pindah ke Flamengo dan kembali menunjukkan kualitasnya. Gabigol telah membuat 96 penampilan di semua kompetisi untuk Flamengo, mencetak 68 gol dan memberikan 18 assist. Ia menjadi salah satu pemain kala Brasil mencapai final Copa America 2021.
ADVERTISEMENT
Penulis: Thontowi Wallace