Bola & Sports
·
12 Juni 2021 7:31
·
waktu baca 2 menit

5 Pemain Italia yang Tampil Apik saat Tundukkan Turki

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Pemain Italia yang Tampil Apik saat Tundukkan Turki (18216)
Aksi pemain Turki, Caglar Soyuncu berduel dengan pemain Italia, Salvatore Sirigu di pertandingan Euro 2020. Foto: REUTERS/Alberto Lingria
Italia mendulang sukses di laga pembuka Euro 2020 dengan menaklukkan Turki di Stadio Olimpico, Sabtu (12/6) dini hari WIB. Gli Azzurri menang telak 3-0.
ADVERTISEMENT
Italia membuka keunggulan lewat aksi bunuh diri pemain bertahan Turki, Merih Demiral, pada menit ke-53. Ciro Immobile dan Lorenzo Insigne masing-masing mencetak angka pada menit ke-66 dan 79'.
Dengan kemenangan ini, Italia berhasil memuncaki klasemen sementara Grup A dengan koleksi 3 poin.
Lantas, siapa saja penggawa Italia yang tampil apik dalam kemenangan tersebut? Berikut kumparan sajikan daftarnya.

Leonardo Spinazzola

5 Pemain Italia yang Tampil Apik saat Tundukkan Turki (18217)
Leonardo Spinazzola bersama Timnas Italia. Foto: AFP/Alberto Pizzoli
Leonardo Spinazzola yang bertugas sebagai bek kiri telah menciptakan kekacauan di area sayap. Permainannya bersama Lorenzo Insigne mampu memporak-porandakan barisan pertahanan Turki.
Spinazzola kerap membantu Italia membangun serangan lewat sayap kiri. Ia juga berperan dalam gol ketiga di laga tersebut, sementara pos pertahanannya juga kokoh.

Domenico Berardi

Keputusan Roberto Mancini untuk menurunkan Domenico Berardi sejak awal laga ketimbang Federico Chiesa dirasa tepat. Pasalnya, bintang Sassuola berhasil memecah kebuntuan Italia.
ADVERTISEMENT
Berardi awalnya sempat kesulitan menggiring bola untuk melewati para pemain Turki, tetapi ia berhasil menemukan banyak ruang di sayap kanan di babak kedua dan memaksa gol bunuh diri Demiral.

Nicolo Barella

5 Pemain Italia yang Tampil Apik saat Tundukkan Turki (18218)
Pemain Timnas Italia, Nicolo Barella mengontrol bola saat menghadapi pemain Turki di Euro 2020. Foto: Mike Hewitt/Pool/REUTERS
Nicolo Barella menjadi gelandang paling aktif di tim Italia bahkan ketika Gli Azzurri kesulitan untuk membuka ruang dan menciptakan peluang di babak pertama.
Selain itu, Barella juga berhasil menjaga lini tengah dengan baik. Ia mampu mengendalikan dan meredam Hakan Calhanoglu, membuat pemain AC Milan itu tak berdaya.

Ciro Immobile

5 Pemain Italia yang Tampil Apik saat Tundukkan Turki (18219)
Selebrasi Penyerang Italia, Ciro Immobile saat mencetak gol ke gawang Turki di Euro 2020. Foto: Mike Hewitt/Pool/REUTERS
Ciro Immobile tampil cemerlang di lini depan Italia. Ia mencetak gol kedua memanfaatkan rebound setelah sepakannya sebelumnya diselamatkan oleh kiper Turki.
Sepuluh menit sebelum laga berakhir, Immobile juga berperan dalam gol ketiga. Ia memberikan operan matang ke Lorenzo Insigne di sisi kiri yang kemudian berakhir menjadi tambahan angka.
ADVERTISEMENT

Lorenzo Insigne

5 Pemain Italia yang Tampil Apik saat Tundukkan Turki (18220)
Aksi duel antara Lorenzo Insigne dan Zeki Celik di pertandingan Italia vs Turki di Euro 2020. Foto: REUTERS/Alberto Lingria
Lorenzo Insigne menjadi momok barisan pertahanan Turki. Permainannya dengan Spinazzola telah menciptakan keriuhan di bagian sayap kiri.
Insigne kerap memberikan gangguan kepada bek Turki melalui kemampuannya menggiring bola dan sangat merepotkan ketika ia memiliki lebih banyak ruang di babak kedua.
Ia tentu berperan dalam kemenangan tersebut lantaran mencetak gol ketiga Italia usai memanfaatkan operan dari Immobile.