Bola & Sports
·
21 Juli 2021 19:04
·
waktu baca 3 menit

5 Pemain Liga Inggris Ini Cuma Tampil Hebat Semusim

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Pemain Liga Inggris Ini Cuma Tampil Hebat Semusim (13638)
searchPerbesar
Eks pemain Wigan, Amr Zaki. Foto: Getty Images
Tak dapat dipungkiri bahwa Liga Inggris adalah salah satu liga terbaik di dunia. Banyak pemain yang bermimpi tampil di ‘Negeri Tiga Singa’ ini. Selain karena kompetisinya yang kompetitif, gaji yang menggiurkan turut menjadi daya tarik lainnya.
ADVERTISEMENT
Sejumlah nama pemain pun menjadi tenar ketika merumput di Liga Inggris. Sebut saja Cristiano Ronaldo yang bersinar bersama Manchester United selama enam musim dan Thierry Henry yang melegenda bersama Arsenal.
Namun, tak sedikit juga pemain yang gagal menunjukkan konsistensinya di Liga Inggris. Berangkat dari hal tersebut, kali ini kami akan menyajikan lima pemain yang cuma hebat dalam satu musim Liga Inggris. Siapa sajakah? Berikut daftarnya dilansir Mirror.

1. Amr Zaki

Pesepak bola asal Mesir, Amr Zaki mencuri perhatian usai bergabung ke Wigan Athletic di musim 2008/2009 sebagai pemain pinjaman dari klub raksasa Mesir, Zamalek.
5 Pemain Liga Inggris Ini Cuma Tampil Hebat Semusim (13639)
searchPerbesar
Eks pemain Wigan, Amr Zaki. Foto: Getty Images
Di bawah tangan dingin Steve Bruce, Amr Zaki berhasil menunjukkan penampilan cemerlangnya dalam beberapa pekan awal Liga Inggris. Berdasarkan data dari Transfermarkt, tercatat bahwa pria yang kini berusia 38 tahun tersebut berhasil membukukan tujuh gol hanya dari delapan penampilan.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, kecemerlangan Amr Zaki berhenti di situ. Di sisa pertandingan liga, pundi-pundi golnya semakin mengering. Hanya tiga gol tambahan yang berhasil dibukukan selama 21 kesempatan tampil.
Catatan tersebut, lantas membuat dirinya tidak dipermanenkan The Latics di musim selanjutnya dan akhirnya kembali ke klub sebelumnya, Zamalek.

2. Roque Santa Cruz

Roque Santa Cruz merumput di Liga Inggris usai diboyong Blackburn Rovers dari Bayern Muenchen di musim 2007/2008. Di musim perdananya, penyerang asal Paraguay ini berhasil membuktikan ketajamannya dengan membukukan 19 gol dari 37 pertandingan.
Nahas, di musim berikutnya ketajaman Santa Cruz menurun drastis. Dalam 20 kesempatan tampil, dirinya cuma berhasil membukukan empat gol. Cedera menjadi salah satu hambatan dirinya tampil maksimal.
ADVERTISEMENT
Saat bergabung dengan Manchester City di musim 2009/2010, Santa Cruz juga kembali gagal menunjukkan performa terbaiknya. Dalam 19 penampilan di Liga Inggris, dirinya hanya berhasil melesatkan tiga gol.

3. Papiss Cisse

5 Pemain Liga Inggris Ini Cuma Tampil Hebat Semusim (13640)
searchPerbesar
Papiss Cisse. Foto: AFP /GRAHAM STUAR
Jika bicara mengenai Papiss Cisse, satu gol menawannya saat menghadapi Chelsea di Liga Inggris pada musim 2011/2012 akan menjadi momen yang sulit untuk dilupakan. Musim tersebut adalah kali perdana penyerang asal Senegal merumput di tanah Britania sekaligus menjadi musim terbaiknya.
Diboyong Newcastle United di jendela transfer musim dingin, Cisse berhasil mengantongi 13 gol hanya dari 14 penampilan. Sontak, raihan tersebut membuat dirinya digadang-gadang menjadi penyerang top Liga Inggris.
Namun sebaliknya, ketajaman Cisse meredup di musim berikutnya. Ia hanya mampu melesatkan delapan gol selama 36 penampilan di Premier League. Lebih parahnya lagi, di musim berikutnya bersama The Magpies, rekening gol Cisse semakin anjlok dengan catatan dua gol dari 24 penampilan.
ADVERTISEMENT

4. Michu

Miguel Perez Cuesta atau akrab dikenal dengan nama Michu akan selalu dikenang penggemar sepak bola Liga Inggris sebagai pemain One Season Wonder milik klub Swansea City.
Ditebus oleh Swansea di musim 2012/2013 dari Rayo Vallecano dengan mahar yang murah, yakni 2 juta poundsterling (sekitar Rp 39 miliar), Michu berhasil membuat sensasi dengan membukukan 18 gol di musim perdananya di Liga Inggris sekaligus membawa klub asal Wales tersebut menjuarai Piala Liga.
Pahit rasanya karena ketajaman tersebut hanya berjalan selama semusim setelah badai cedera menghampiri di musim berikutnya. Alhasil, performa penyerang asal Spanyol ini menurun dan perolehan golnya di Liga Inggris pun mentok di angka dua gol.
Nahas, ketika jalani masa peminjaman bersama Napoli, Michu hanya mendapat sedikit kesempatan tampil di lapangan. Hingga pada akhirnya, Swansea melepas Michu dan pada tahun 2017, pria yang kini berusia 35 tahun memutuskan untuk gantung sepatu.
ADVERTISEMENT

5. Benjani Mwaruwari

Sosok Benjani Mwaruwari sempat menjadi primadona berkat ketajamannya di lini depan Portsmouth di paruh pertama musim 2007/2008. 12 gol dari 23 penampilan menjadi bukti kehebatan penyerang asal Zimbabwe ini.
Menonjolnya penampilan Benjani, lantas membuat Manchester City dengan segera mengamankan jasa Benjani di paruh kedua Liga Inggris. Sial bagi Benjani, kepergiannya ke Etihad Stadium menjadi bencana bagi karier sepak bolanya.
Penyerang yang memiliki selebrasi khas ini tak mampu menunjukkan ketajamannya seperti yang dilakukan di paruh pertama bersama Pompey. Selama 13 penampilan di Liga Inggris, Benjani hanya membukukan tiga gol.
Bahkan, di musim berikutnya bersama The Citizen, kesempatan bertanding bagi Benjani semakin berkurang. Tercatat, pria yang kini berusia 42 tahun ini hanya mencatatkan delapan penampilan dengan torehan satu gol.
ADVERTISEMENT
Penulis: Alif Zaky Assidiqi