kumparan
22 Januari 2020 16:44

AFC Cup 2020: Trigol Ferdinand Bawa PSM Tundukkan Lalenok United

PSM Makassar, AFC Cup 2020
PSM vs Lalenok United di AFC Cup 2020. Foto: dok. PSM
PSM Makassar mengawali kiprah mereka di leg I babak play-off AFC Cup 2020 dengan gemilang. Menghadapi Lalenok United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Rabu (22/1/2020) sore WIB, PSM menang dengan skor 4-1.
ADVERTISEMENT
Meski menang, PSM sebetulnya sempat mengalami kesulitan. Pada awal-awal laga, mereka justru lebih dulu tersentak setelah Lalenok berhasil membuka keunggulan pada menit ke-2 via sontekan Daniel Adade.
Skema bermain PSM yang belum nyetel tampaknya jadi salah satu penyebab situasi ini. Yakk.. PSM memang langsung menurunkan nama-nama baru macam Miswar Saputra, Hussein El Door, Irsyad Maulana, hingga Giancarlo Rodriguez sejak menit awal.
Untungnya, mereka segera berbenah. Secara perlahan penampilan PSM membaik, stabil, dan terus-menerus berusaha mengejar ketertinggalan. Gol penyama pun berhasil diperoleh dalam waktu yang relatif singkat.
Adalah Ferdinand Sinaga yang jadi pelakunya. Lewat sepakan kaki kiri, mantan penyerang Sriwijaya FC ini meneruskan sebuah umpan dalam skema sepak pojok. Saat itu, menit ke-12. Kedudukan sementara 1-1.
ADVERTISEMENT
Situasi kian menguntungkan buat PSM lantaran pada menit ke-24, kiper Lalenok mendapat kartu merah. Ini membuat laga berjalan satu arah. Alhasil, PSM berbalik unggul pada menit ke-41. Kali ini via Giancarlo yang sekaligus menjadi gol perdananya buat PSM.
Itu menutup babak pertama.
Memasuki babak kedua, PSM kian menancapkan dominasi mereka atas tim tamu. Berulang kali mereka melancarkan tekanan yang berujung peluang. Dari sini Lalenok berada dalam situasi yang tak menguntungkan.
Laga PSM Makassar vs Lao Toyota, Piala AFC 2019, Stadion Pakansari, Bogor, Ferdinan Sinaga
Pemain PSM Makassar Ferdinan Sinaga pada sebuah laga (ilustrasi) Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Walau begitu, gol ketiga PSM baru tercipta pada menit ke-69. Ferdinand kembali mencatatkan namanya di papan skor. Dia mencetak gol melalui sundulan setelah menerima umpan Leo Guntara dari sisi sayap.
Di titik ini, PSM kian di atas angin. Tak heran bila tiga menit berselang, keunggulan mereka bertambah. Lagi-lagi, Ferdinand menjadi aktornya yang kali ini hasil umpan ciamik Irsyad Maulana. PSM unggul 4-1.
ADVERTISEMENT
Untuk Lalenok, tak ada hal lain yang bisa dilakukan kecuali menghindari kebobolan lebih banyak gol. Hal itu bakal membikin langkah mereka berat pada leg kedua nanti. Maka, mereka tampak fokus bertahan.
Di sisi lain, PSM seperti mulai puas. Sejumlah pergantian lantas mereka lakukan untuk mempertahankan keunggulan. Zulkifli Syukur menggantikan Dedy Gusmawan, Bayu Gatra menggantikan Irsyad Maulana. Skor pun tak berubah hingga akhir laga.
Hasil ini membuat langkah PSM lebih ringan jelang melakoni leg kedua babak playoff AFC Cup nanti. Laga itu sendiri bakal digelar pada Rabu (29/1) mendatang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan