kumparan
search-gray
Bola & Sports12 Februari 2020 20:35

Aji Santoso Bela Makan Konate yang Gagal Eksekusi Penalti

Konten Redaksi kumparan
Makan Konate, Persebaya Surabaya
Makan Konate pada sesi jumpa pers pengenalan dirinya sebagai pemain Persebaya Surabaya. Foto: dok. Persebaya Surabaya
Pelatih Persebaya, Aji Santoso, memberikan pembelaan pada Makan Konate selepas pertandingan melawan Bhayangkara FC. Persebaya kalah 0-1 pada laga tersebut dan gelandang anyar 'Bajul Ijo' itu gagal menuntaskan peluang lewat sepakan penalti.
ADVERTISEMENT
Lewat penalti tersebut, Persebaya sebetulnya bisa membuka keunggulan lebih dahulu saat usia pertandingan memasuki menit ke-68. Penalti itu sendiri bermula dari pelanggaran pemain belakang Bhayangkara, Nurhidayat, terhadap Hambali Tholib.
Konate mendapatkan tugas eksekutor. Akan tetapi, sepakan mantan pemain Persib dan Sriwijaya FC itu melambung di atas gawang.
"Soal penalti, saya selalu memberikan kebebasan pada pemain untuk mengambil eksekusi penalti. Penalti itu juga soal teknik dan mental. Dan ketika gagal menurut saya itu wajar dan saya tidak menyalahkan Konate," kata Aji selepas laga.
"Jangankan Konate, pemain sekelas Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, bahkan Diego Maradona saja pernah gagal dalam mengeksekusi penalti dan sekali lagi itu lumrah menurut saya," lanjut Aji.
ADVERTISEMENT
Selain faktor teknik dan mental, Aji menilai bahwa Konate juga masih dalam tahap adaptasi. Oleh karena itu, mantan pelatih Persela Lamongan dan Arema FC itu masih akan memberikan waktu bagi Konate.
"Kondisinya belum bisa 100 persen. Lagian 'kan dia juga baru gabung sama tim, butuh waktu," ujar Aji.
Akibat kekalahan ini, langkah Persebaya untuk melaju ke semifinal tertahan. Berkaca pada perolehan poin di klasemen sementara, Persebaya turun ke urutan ketiga dengan tiga poin dari dua laga.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white