kumparan
2 September 2018 7:14

Akan Tiba Waktunya bagi Ronaldo untuk Mencetak Gol

Cristiano Ronaldo
Ronaldo dan Matuidi merayakan gol kedua Juventus di laga vs Parma. (Foto: Andreas SOLARO / AFP)
Kemenangan menjadi kawan dekat Si Nyonya Tua. Tiga kali bertanding di Serie A 2018/19, tiga kali pula kemenangan menjadi milik Juventus.
ADVERTISEMENT
Bertanding di Ennio Tardini pada Minggu (2/9/2018), skuat asuhan Massimiliano Allegri sukses menyegel kemenangan 2-1 atas Parma, yang berarti kemenangan ketiga Juventus di Serie A 2018/19. Mario Mandzukic menjadi aktor yang membawa Juventus pada keunggulan 1-0 di menit kedua.
Namun, Parma bukan lawan yang gemar meringkuk di hadapan kesulitan. Menghadapi tekanan bertubi-tubi Juventus sejak awal laga, mereka tetap berhasil menyarangkan bola ke gawang yang dijaga oleh Wojciech Szczesny. Adalah Gervinho yang membuat Parma menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit 33.
Berkali-kali menyerang, berkali-kali pula mengalami kebuntuan. Situasi itulah yang dihadapi Juventus di sejak gol Gervinho tadi, bahkan sampai seperempat paruh kedua. Tapi, segala sesuatu akan mencapai akhirnya, termasuk kebuntuan Juventus. Memanfaatkan umpan backheel Mandzukic, Blaise Matuidi berhasil membuat Luigi Sepe memungut bola dari gawangnya sendiri untuk kedua kalinya pada menit 52.
ADVERTISEMENT
Dengan hasil ini, artinya sudah tujuh gol yang berhasil dicetak Juventus dalam tiga partai pembuka Serie A 2018/19. Sayangnya, tetap ada ganjalan dalam tren positif ini.
Cristiano Ronaldo yang digadang-gadangkan bakal menjadi mesin gol terbaru Juventus justru belum berhasil melepaskan diri dari jerat kebuntuan. Belum ada satu gol pun yang berhasil dicetak Ronaldo di kompetisi Serie A 2018/19. Apalagi, Ronaldo tidak didatangkan dengan harga murah. Juventus mesti membayar tak kurang dari 100 juta poundsterling untuk mendatangkan sang megabintang dari Real Madrid.
Matuidi yang sadar betul seperti apa reputasi dan beban Ronaldo tak ingin ambil pusing dengan situasi semacam ini. Baginya, Ronaldo tetap pemain hebat. Kalau hingga kini ia belum bisa menorehkan gol, maka Juventus-lah yang akan membantunya membukukan gol.
ADVERTISEMENT
“Ronaldo adalah seorang pemain luar biasa. Ia akan mencetak gol untuk tim ini. Ia adalah elemen yang begitu penting bagi Juventus. Ronaldo hanya tidak beruntung malam ini, tapi kami akan membantunya. Saya tahu, ia merasa sedikit terganggu karena belum bisa mencetak gol. Tapi, waktunya akan tiba, ia akan mencetak gol untuk tim ini,” jelas Matuidi dalam wawancara usai laga, dilansir Football Italia.
Cristiano Ronaldo
Ronaldo masih belum berhasil mencetak gol di Serie A 2018/19. (Foto: Andreas SOLARO / AFP)
Di laga melawan Parma ini, Ronaldo bukannya tanpa upaya. Ia menjadi pemain Juventus yang paling banyak membuat upaya tembakan. Total, ada delapan tembakan yang diciptakannya. Yang menjadi masalah, hanya satu tembakan yang mengarah ke gawang. Sementara, empatnya tak mengarah ke gawang dan tiga tembakan berhasil diblok lawan.
ADVERTISEMENT
Sikap santai Matuidi saat menanggapi kebuntuan Ronaldo bukan sikap yang menyepelekan persoalan. Melihat catatan gol Ronaldo musim 2017/18 bersama Real Madrid, kondisi serupa memang dialaminya. Setelah absen pada lima laga pertama La Liga akibat sanksi RFEF, Ronaldo gagal mencetak gol dalam tiga pertandingan liga perdananya menghadapi Real Betis, Deportivo Alaves, dan Espanyol.
Gol yang dinanti-nanti itu baru bisa diberikan Ronaldo pada pekan keempat, saat Madrid melakoni laga melawan Getafe. Hanya, setelah gol ke gawang Getafe itu, inkonsistensi masih belum rela berjauh-jauhan dari Ronaldo. Ia baru bisa menjadi mesin gol secara konsisten pada paruh kedua musim 2017/18. Di akhir musim, catatan gol Ronaldo mencapai 44 gol dari 44 penampilan di semua kompetisi. Itu artinya, Ronaldo bukannya tak punya peluang bakal mengalami hal yang sama di Juventus.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan