Bola & Sports
·
15 Oktober 2020 15:49

Alasan Shin Tae-yong Pilih Pratama Arhan Jadi Kapten Timnas U-19

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Alasan Shin Tae-yong Pilih Pratama Arhan Jadi Kapten Timnas U-19 (64043)
searchPerbesar
Aksi Timnas U-19 pada laga uji coba melawan Macedonia Utara di Stadion NK Junak Sinj, Split, Kroasia, Minggu (11/10). Foto: Instagram/@pssi
Pratama Arhan menjalani peran berbeda saat Timnas U-19 Indonesia jumpa Makedonia Utara, Rabu (14/10/2020). Dia tak berpindah posisi, tapi menjadi kapten tim.
ADVERTISEMENT
Ini jelas pemandangan berbeda. Jika biasanya David Maulana yang menjadi pemimpin bagi skuat Garuda Muda, tapi di laga yang berkesudahan imbang 0-0 justru Arhan yang jadi pemimpin.
Pelatihnya di Timnas U-19, Shin Tae-yong, tak memiliki alasan spesial memilih Arhan. Pasalnya, saat menunjuk pemain PSIS Semarang itu, sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari.
''Sebenarnya kapten adalah David. Untuk wakilnya, Rizky Ridho kemudian Arhan,'' kata Shin dikutip laman Youtube PSSI.
''Tapi karena David dan Ridho tak menjadi starter, maka kaptennya Arhan,'' pelatih 50 tahun ini menjelaskan.
Alasan Shin Tae-yong Pilih Pratama Arhan Jadi Kapten Timnas U-19 (64044)
searchPerbesar
Potret Timnas U-19 menghadapi Bulgaria U-19. Foto: Dok. PSSI
Alasan Shin Tae-yong Pilih Pratama Arhan Jadi Kapten Timnas U-19 (64045)
searchPerbesar
Pemain Timnas U-19 Indonesia David Maulana pada laga Pra Piala Asia di Stadion Madya GBK, Jakarta, Rabu (6/11/2019). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Selama 10 pertandingan di Kroasia, Arhan memang jadi pemain kedua terbanyak yang tampil bersama Timnas U-19. Dia bersama Witan Sulaeman, sudah sembilan kali menjadi starter dan satu menjadi pemain pengganti.
ADVERTISEMENT
Untuk David, publik pecinta sepak bola nasional memang sudah karib melihat sosok Barito Putera ini menjadi kapten. Bahkan sejak masih menjadi bagian di Timnas U-16 dua tahun lalu, dia sudah jadi kapten.
Pun dengan Rizky Ridho. Saat mentas di Kualifikasi Piala Asia U-19, bek Persebaya Surabaya malahan menjadi kapten di bawah asuhan pelatih Fakhri Husaini.
---