kumparan

Allegri Yakin Juventus Akan Rekrut Pelatih Hebat

Massimiliano Allegri
Allegri memimpin latihan Juventus jelang laga melawan Ajax. Foto: Reuters/Massimo Pinca
Usai sudah kebersamaan Massimiliano Allegri dengan Juventus. Per musim 2019/20 mendatang, ia tak akan lagi menjadi nahkoda tim berjuluk 'Si Nyonya Tua' tersebut.
ADVERTISEMENT
Keputusan ini jelas menjadi sebuah kejutan tersendiri. Apalagi, kiprah Allegri di Juventus bisa dikatakan apik. Total 11 trofi ia persembahkan untuk Juventus dalam kurun waktu lima musim masa kepelatihannya, dengan rincian lima trofi Serie A, empat trofi Coppa Italia, dan dua trofi Supercoppa Italiana.
Hanya ada satu noda yang tercatat dalam masa kepelatihan Allegri di Juventus. Dalam dua kesempatan, yakni di musim 2014/15 dan 2016/17, ia gagal mempersembahkan trofi Liga Champions untuk Bianconeri. Dua tim dari Spanyol, yakni Barcelona dan Real Madrid, jadi sosok yang menggagalkan peluang Juventus tersebut.
Meski memang berat baginya meninggalkan Juventus, Allegri mengaku pasrah dengan keputusan ini. Dalam sebuah wawancara di sebuah acara TV bernama Striscia la Notizia, yang disitat oleh Football Italia, Allegri bercerita mengenai bagaimana ia membangun tim Juventus, juga apa yang akan ia lakukan ke depan usai tak lagi di sana.
ADVERTISEMENT
Massimiliano Allegri
Allegri memimpin sesi latihan Juventus jelang laga melawan Bayern. Foto: MARCO BERTORELLO / AFP
"Butuh waktu lima musim untuk membangun Juventus yang sekarang, Juventus yang kuat. Tapi ya, itulah. Hidup memang seperti itu. Sesuatu bisa datang dan pergi begitu saja di hidup ini," ujar Allegri.
"Sekarang, saya akan pulang dulu. Beristirahat sembari memandangi lautan dari rumah saya," tambahnya.
Seiring dengan kepergian Allegri ini, beberapa nama muncul ke permukaan sebagai kandidat penggantinya. Ada nama Jose Mourinho, Pep Guardiola, Didier Deschamps, Simone Inzaghi, hingga Mauricio Pochettino. Dari semua kandidat tersebut, Pochettino yang dianggap paling kuat untuk menjadi suksesor Allegri di Turin.
Menanggapi soal tersebut, Allegri tidak ambil pusing. Satu hal yang pasti, Allegri yakin bahwa yang akan jadi penggantinya di Juventus kelak adalah salah satu pelatih terbaik di dunia sepak bola.
ADVERTISEMENT
"Saya tidak tahu (siapa pengganti saya kelak). Tapi, tentunya Juventus akan memilih pelatih hebat, karena Juventus adalah tim yang hebat sekaligus besar juga," ujarnya.
Juventus
Juventus rayakan scudetto 2015/16. Foto: GIUSEPPE CACACE / AFP
"Sungguh lima musim yang indah dan penuh cinta bagi saya. Lima musim yang menghasilkan banyak hal," lanjutnya.
Usai dipastikan pergi dari Juventus, banyak spekulasi mengenai klub mana yang akan jadi tempat Allegri berlabuh kelak. Paris Saint-Germain, Bayern Muenchen, Manchester United, Tottenham Hotspur, Inter Milan, dan Galatasaray dikabarkan jadi klub yang tertarik menggunakan jasa pelatih kelahiran Livorno tersebut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan