Bola & Sports
·
15 Desember 2020 17:14

Andreas Brehme, Pahlawan Piala Dunia Jerman yang Hampir Jadi Pembersih Toilet

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Andreas Brehme, Pahlawan Piala Dunia Jerman yang Hampir Jadi Pembersih Toilet (10834)
Pahlawan Timnas Jerman di Piala Dunia 1990, Andreas Brehme. Foto: GEORGES GOBET/AFP
Siapakah dari anda yang pernah mendengar nama Andreas Brehme? Ia adalah legenda Timnas Jerman. Bisa dibilang, perannya sama seperti Mario Goetze saat membawa Der Panzer memenangi Piala Dunia tahun 2014.
ADVERTISEMENT
Ya, Brehme adalah pahlawan Jerman Barat di Piala Dunia 1990. Gol tunggalnya dari titik penalti pada menit ke-85 ke gawang Argentina membawa Tim Panzer jadi juara dunia.
Namun siapa yang menyangka, Brehme sempat hampir mengalami kebangkrutan dan terlilit hutang sejumlah 200.000 euro (setara Rp 3,4 miliar). Bahkan, mantan pemain Bayern dan Inter Milan itu bisa saja kehilangan rumahnya.
Demi membantu meringankan permasalahannya itu, Brehme ditawarkan sebuah pekerjaan oleh mantan anak asuhnya di SpVgg Unterhaching, Oliver Straube.
Andreas Brehme, Pahlawan Piala Dunia Jerman yang Hampir Jadi Pembersih Toilet (10835)
Pahlawan Timnas Jerman di Piala Dunia 1990, Andreas Brehme. Foto: AFP
Namun sungguh ironis, Brehme ditawarkan membersihkan jamban. Straube memiliki perusahaan perawatan kamar mandi dan menurut pemain amatir ini bantuannya bisa menolong keuangan sang legenda.
"Kami ingin menawarkan Andreas pekerjaan di perusahaan kami, membersihkan toilet. Hanya itu yang bisa saya bantu," ucap Straube, dikutip dari Bleacher Report.
ADVERTISEMENT
Kabar kehidupan Brehme yang tragis ini pun terdengar legenda Jerman lainnya, Franz Beckenbauer. Dia meminta kepada rakyat Jerman ikut membantu meringankan beban Brehme.
"Kita semua bertanggung jawab membantu Brehme. Dia telah memberikan banyak buat sepakbola Jerman, dia membawakan gelar Piala Dunia buat kita. Sekarang saatnya Jerman membalasnya," tutur Der Kaiser kepada Corriere dello Sport.
Brehme sendiri diketahui tidak lagi bekerja dalam bidang sepak bola sejak menjabat sebagai asisten manajer Giovanni Trapattoni di Stuttgart pada 2005.
Saat masih aktif menjadi pemain, Brehme pernah memenangi gelar Bundesliga dan Serie A bersama Bayern Muenchen dan Inter Milan. Selain itu, ia punya rekor bermain pada lebih dari 600 pertandingan.
****
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
ADVERTISEMENT