kumparan
15 Sep 2019 7:52 WIB

Ansu Fati Cuma Butuh 7 Menit untuk Cetak Sejarah di La Liga

Ansu Fati kembali memberi bukti. Foto: Reuters/Albert Gea
Cuma butuh waktu tujuh menit bagi Ansu Fati mencatatkan sejarah. Jebolan akademi La Masia tersebut tercatat menjadi pemain termuda (16 tahun dan 318 hari) yang bisa menorehkan gol dan assist dalam satu laga La Liga.
ADVERTISEMENT
Catatan individu ini terjadi ketika Barcelona menang 5-2 atas Valencia di pekan keempat, Minggu (15/9/2019) dini hari WIB. Fati untuk pertama kalinya dipasang Ernesto Valverde sejak menit awal.
Kepercayaan sang pelatih dibayar tuntas oleh Fati. Laga baru berjalan dua menit, ia mencetak gol pertama Blaugrana usai memanfaatkan umpan matang Frenkie de Jong.
Lima menit berselang, giliran Fati yang menjadi kreator lahirnya gol kedua Barcelona usai umpannya bisa dimaksimalkan oleh De Jong dengan sepakan kaki kanan di dalam kotak penalti.
Perlu diingat, Fati sebelumnya sudah mencetak sejarah dengan menjadi pencetak gol termuda Barcelona saat membobol gawang Osasuna di pekan ketiga.
Bukan cuma rentetan catatan sejarah yang bikin Valverde mengapresiasi Fati, tapi juga efektivitas sang pemain dalam memaksimalkan peluang dan menciptakan kesempatan bagi kawan.
ADVERTISEMENT
"Apa yang dia lakukan tidak normal. Bisa mencetak gol pada sentuhan pertama, memberi assist pada sentuhan kedua, dan hampir mencetak gol (lagi) dengan sentuhan ketiga," kata Valverde dilansir Marca.
"Kami sangat ingin dia paham tentang seberapa jauh level permainannya dan dia harus terus berlatih sehingga bisa berkontribusi lebih lagi buat kami," tutur pelatih berusia 55 tahun itu menambahkan.
Antoine Griezmann merayakan gol yang dicetak oleh Ansu Fati. Foto: Reuters/Albert Gea
Bukan tanpa pasal Valverde berharap Fati bisa terus berkembang dan bersinar. Barcelona tengah menghadapi krisis pemain setelah sosok pilar macam Lionel Messi dan Ousmane Dembele menepi karena cedera.
"Setiap musimnya, selalu ada kesempatan buat semua pemain untuk muncul. Ketika mereka mendapat kesempatan, mereka harus bisa bermain dengan bagus," jelas Valverde.
ADVERTISEMENT
"Fati bermain sangat bagus ketika dirinya berada di tim Barcelona B. Tentu saja tampil semaksimal mungkin ketika sudah berada di tim utama menjadi sangat penting untuk dia," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan