kumparan
2 November 2018 17:16

Antisipasi Bima Sakti Perihal Cedera Stefano Lilipaly

Tim Indonesia, Laos, Asian Games di Stadion Patriot, Bekasi, Stefano Lilipaly
Stefano Lilipaly dalam laga Indonesia vs Laos di Asian Games 2018. (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)
Pada latihan perdana menjelang Piala AFF 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Jumat (2/11/2018), penggawa Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, tak bisa melahap menu latihan umpan panjang yang sudah disajikan pelatih Bima Sakti.
ADVERTISEMENT
Menurut sang jurutaktik, pemain milik Bali United itu mengalami gangguan punggung kaki. Maka itu, Bima tak mau mengambil risiko dengan memaksakan Lilipaly menjalani menu umpan-umpan panjang yang pelatih berusia 42 tahun itu instruksikan.
"(Lilipaly) Cedera di punggung kaki. Jadi, kalau dia long passing kerasa (cederanya). Jadi, tadi dia cuma ikut di sesi rondo dan dia tak kami libatkan (dalam sesi passing)," ucap Bima selepas latihan.
"Mungkin dua hari nanti, kami juga akan observasi dengan tim dokter. Semoga cepat bisa pulih. Kalau dipaksa sakit parah. Nanti malah (tak bisa turun)," kata Bima melanjutkan.
Langkah antisipasi Bima tepat. Jika Lilipaly dipaksakan dan menepi karena cedera, Timnas menjadi pihak yang paling dirugikan mengingat turnamen dua tahunan se-Asia Tenggara tersebut tinggal menghitung hari.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, pemilik nomor kostum 10 itu piawai mengekspos ruang di pertahanan lawan. Lilipaly tahu waktu yang tepat untuk berlari mengisi kekosongan yang ditinggalkan bek lawan demi mencetak gol.
Ketajaman Lilipaly tercermin dari jumlah gol yang menyentuh 11 di liga. Dan selama berlaga di Asian Games 2018 bersama Timnas U-23, pemain naturalisasi asal Belanda itu mengemas 4 gol.
Stefano Lilipaly
Stefano Lilipaly (10) merayakan gol Timnas U-23 ke gawang Taiwan pada partai Grup A Asian Games. (Foto: Ary Kristianto/Antara)
Pembicaraan tak cuma menyoal Lilipaly, tetapi juga kans Boaz Solossa dan Andik Vermansah untuk tampil di Piala AFF 2018. Menurut Bima, kedua pemain tersebut merupakan opsi yang bakal dipilih ketika salah satu skuat 'Garuda' saat ini mengalami cedera.
"Boaz bagus, tapi kami ada Beto (Goncalves). Ini masalah masuk dan tidak adalah siklus yang biasa. Bukan berarti mereka tak bagus. Kecuali kalau ada yang cedera, nama-nama yang sering disebutkan (seperti) Boaz, Andik, dan Ryuji, (akan dipanggil) karena mereka masuk daftar 50 pemain," kata Bima menutup.
ADVERTISEMENT
Pada Jumat (9/11), Timnas Indonesia akan memulai perjalanan di Piala AFF 2018 dengan melakoni laga tandang. Singapura jadi lawan perdana di Stadion Nasional.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan