Bola & Sports
·
21 September 2020 16:11

Apa Bedanya Juventus-nya Pirlo dan Juventus-nya Sarri?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Apa Bedanya Juventus-nya Pirlo dan Juventus-nya Sarri? (10868)
ekspresi pemain Juventus Leonardo Bonucci saat laga melawan Olympique Lyonnais di Allianz Stadium, Turin, Italia, Jumat (7/8). Foto: Massimo Pinca/REUTERS
Juventus mengawali kompetisi Liga Italia dengan sangat baik. Bertemu Sampdoria di Allianz Stadium Senin (21/9) dini hari WIB, Juventus menang dengan skor 3-0.
ADVERTISEMENT
Ini menjadi debut manis bagi pelatih baru Juventus Andrea Pirlo. Apalagi, Pirlo baru saja mendapat lisensi UEFA Pro usai dinyatakan lulus oleh akademi Coverciano.
Dalam laga menghadapi Sampdoria, Juventus memang tampil sangat dominan. Whoscored mencatat ada 66 persen penguasaan bola yang dipegang 'Si Nyonya Tua'. Lalu, Juventus juga melakukan tembakan sebanyak 20 kali yang mana delapan di antaranya mengarah ke gawang.
Secara statistik, Juventus era Pirlo terlihat sama saja dengan Maurizio Sarri dulu. Menguasai pertandingan dan menang. Namun, ternyata tidak begitu. Bek tengah Juventus, Leonardo Bonucci, mengungkapkan perbedaan taktik dari kedua pelatih.
Apa Bedanya Juventus-nya Pirlo dan Juventus-nya Sarri? (10869)
Pelatih Juventus Andrea Pirlo dan Cristiano Ronaldo usai pertandingan melawan Sampdoria pada lanjutan Serie A Italia di Stadion Allianz, Turin, Italia. Foto: Massimo Pinca/REUTERS
"Perbedaan terbesar adalah bagaimana kami menyerang dan mengambil inisiatif permainan. Melihat beberapa latihan dan pertandingan melawan Sampdoria ini, saya pikir kami lebih baik," tutur Bonucci dilansir Sky Sports Italia.
ADVERTISEMENT
"Ada pergerakan yang berbeda. Saat dengan Sarri kami bergerak lebih jauh dan mengawal secara zona. Sementara dengan Pirlo, kami lebih satu lawan satu dan kami harus agresif untuk memenangi bola," tambahnya.
Saat bersama Sarri, Juventus terbiasa menggunakan pola 4-3-3 atau 4-2-3-1. Serangan dari sayap menjadi tumpuan Juventus saat itu.
Namun kali ini Pirlo tampil dengan formasi 3-5-2. Cristiano Ronaldo yang mencetak satu gol bertandem dengan penyerang asal Swedia, Dejan Kulusevski. Keduanya ditopang tiga gelandang mobile dalam diri Aaron Ramsey, Adrien Rabiot, dan Weston McKennie.
Apa Bedanya Juventus-nya Pirlo dan Juventus-nya Sarri? (10870)
Maurizio Sarri berbicara di konferensi pers jelang laga Lyon vs Juventus. Foto: Reuters/Eric Gaillard
"Kami memiliki gelandang tengah dengan karakter yang tepat dalam permainan seperti ini. Mereka agresif dan juga memberikan passing yang bagus. Itu mengapa kami lebih memiliki kualitas dalam penguasaan bola," tutup Bonucci.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, pasukan Andrea Pirlo akan mendapat ujian berat. Ronaldo dan kawan-kawan akan bersua AS Roma di Olimpico Stadium pekan depan.
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona