kumparan
18 Januari 2019 16:59

Arsenal vs Chelsea: Mereka-mereka yang Bisa Menjadi Sosok Pembeda

Selebrasi gol para pemain Arsenal ke gawang Chelsea. (Foto: REUTERS/Toby Melville)
Laga bertajuk Derbi London antara Arsenal dan Chelsea bakal tersaji di Premier League 2018/19 pekan ke-23 pada Minggu (20/1/2019) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Jelang laga yang tersaji di Emirates Stadium ini, Chelsea berada di atas angin usai mengalahkan Newcastle United 2-1 di pekan sebelumnya. Sementara, Arsenal tengah limbung usai keok 0-1 di markas West Ham United.
Rekor pertemuan juga tidak memihak skuat besutan Unai Emery karena cuma menang sekali dari 15 pertemuan terakhir dengan The Blues di pentas Premier League. Namun, terselip modal bagus buat Mesut Oezil dan kolega karena mereka punya rekor bagus saat bermain di kadang musim ini (8 menang, 2 imbang, 1 kalah).
Pertandingan nanti pun akan menjadi duel antarbintang di kedua kesebelasan dan untuk menyambut Derbi London ini, kumparanBOLA telah merangkum sosok-sosok yang bisa menjadi pembeda pada duel nanti.
ADVERTISEMENT
Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga. (Foto: Reuters/Andrew Couldridge)
Kepa Arrizabalaga
Mari kita mulai daftar ini dari sektor penjaga gawang. Arrizabalaga yang didatangkan dari Atheltic Bilbao dengan mahar 80 juta euro bisa dibilang menjadi rekrutan Chelsea yang berhasil. Kiper berusia 24 tahun itu berjasa membuat gawang Chelsea baru kebobolan 17 kali (terbaik kedua bersama Manchester City).
Arrizabalaga juga telah mencatatkan 10 kali clean sheet di liga musim ini. Torehan tersebut hanya kalah dari Alisson Becker (Liverpool) dengan 13 kali nirbobol. WhoScored mencatat, kiper bepaspor Spanyol itu rata-rata melakukan 2 penyelamatan per laga.
Apiknya penampilan Arizabalaga ini ditopang oleh solidnya back-four Chelsea sehingga berpotensi membuat lini serang The Gunners kesulitan untuk membobol gawang mereka.
Eden Hazard. (Foto: REUTERS/Hannah McKay)
Eden Hazard
ADVERTISEMENT
Sulit untuk tidak memasukkan nama Eden Hazard di daftar ini karena penampilan pemain asal Belgia itu tengah impresif. Hazard tercatat menorehkan 10 gol dari 21 penampilan di Premier League (terbanyak di antara rekan-rekannya).
Selain jadi tumpuan mencetak gol, Hazard juga terbukti lihai dalam menyuplai bola dengan bukti 10 assist yang ia torehkan sejauh ini di liga. WhoScored mencatat pria berusia 28 tahun itu rata-rata melepas 2,8 umpan kunci per laga Premier League (tertinggi di Chelsea).
Hazard juga punya catatan bagus saat melawan Arsenal. Dari catatan Transfermarkt, dalam 17 pertemuan di lintas ajang melawan 'Meriam London', Hazard mengoleksi 5 gol dan 2 assist. Pada pertemuan pertama di musim ini, Hazard juga memberi satu assist dalam kemenangan 3-2.
ADVERTISEMENT
Penyerang milik Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang. (Foto: Reuters/Matthew Childs)
Pierre-Emerick Aubameyang
Jika Chelsea punya Hazard, maka Arsenal memiliki Aubameyang sebagai juru gedor. Pemain berkebangsaan Gabon itu sudah mencetak 14 gol dari 22 penampilan dan kini menjadi topkorer sementara Premier League bersama Harry Kane dan Mohamed Salah.
Hanya, Aubameyang punya catatan jelek saat bersua tim Big Six Premier League. Sejauh musim ini berjalan, Arsenal telah enam kali menghadapi tim enam besar di liga. Meski tampil di semua laga besar itu, Aubameyang cuma bisa mencetak dua gol yang semua terjadi saat mengalahkan Tottenham Hotspur 4-2 Desember silam.
Kendati begitu, Aubameyang dikenal punya sejarah bagus saat melakoni laga derbi. Saat berkompetisi di Ligue 1 bersama Saint Etienne (2011-13), ia sekali mencetak gol saat derbi melawan Olympique Lyon. Bersama Borussia Dortmund (2012-18), Aubameyang mencetak enam gol dari tujuh laga Rivierderby yang mempertemukan Dortmund dengan Schalke.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan