kumparan
Bola & Sports27 Februari 2020 14:23

Arsenal vs Olympiacos: Aubameyang Bukan Sekadar Mesin Pencetak Gol

Konten Redaksi kumparan
Aubameyang
Pierre-Emerick Aubameyang. Foto: REUTERS/David Klein
Pierre-Emerick Aubameyang bakal kembali menjadi tumpuan Arsenal saat menjamu Olympiacos di leg kedua 32 besar Liga Europa, Jumat (28/2/2020) dini hari WIB. Mesin Aubameyang tengah panas-panasnya usai mencetak dua gol ke gawang Everton di ajang Premier League pekan lalu.
ADVERTISEMENT
Namun, Alexandre Lacazette menilai peran rekan satu timnya itu lebih dari sekadar mesin pencetak gol. Bagi Lacazette, Aubameyang punya determinasi tinggi membantu tim baik dalam segi penyerangan dan pertahanan.
Ambil contoh di laga melawan Everton. Selain mencetak dua gol, pemain asal Gabon itu tercatat mampu melakukan dua tekel sukses yang salah satunya dilakukan di sisi kiri pertahanan The Gunners.
Pierre-Emerick Aubameyang (C)
Pierre-Emerick Aubameyang merayakan gol ke gawang Eintracht. Foto: Reuters/Paul Childs
"Saya pikir publik harus lebih banyak membicarakan tentang Aubameyang. Apa yang dia lakukan di dalam pertandingan lebih dari sekadar mencetak gol," kata Lacazette dilansir situs resmi Arsenal.
"Dia berkontribusi banyak di pertahanan tim dan membuat ruang bagi penyerang lain. Aubameyang dan saya, jika mampu meraih gelar juara saya pikir orang-orang akan lebih banyak membicarakan apa yang dia lakukan untuk tim," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Kontribusi Aubameyang selain gol bisa terlihat dari rata-rata 0,7 umpan kunci yang ia catatkan di Premier League. Angka itu meningkat cukup signifikan di pentas Liga Europa musim ini dengan rata-rata 1,2 umpan kunci per pertandingan.
Arsenal
Nicolas Pepe (tengah) merayakan gol ke gawang Man United bersama Alexandre Lacazette dan Pierre-Emerick Aubameyang. Foto: Reuters/Toby Melville
Untuk urusan gol tak perlu diragukan lagi, Aubameyang adalah topskorer 'Meriam London' dengan 19 gol dari 30 penampilan lintas ajang. Tak ragu Lacazette menyebut sosok berusia 30 tahun itu sebagai pemain terbaik Arsenal musim ini.
"Dia adalah salah satu atau mungkin telah menjadi pemain terbaik di Arsenal musim ini. Tentu saja, saya sangat berharap Aubameyang akan bertahan di sini," pungkas Lacazette.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan