kumparan
2 Sep 2018 5:01 WIB

Arti Medali Emas Asian Games bagi Lee Seung-woo dan Korea Selatan

Lee Seung-woo di laga final sepak bola putra Asian Games 2018. (Foto: Martin BUREAU / AFP)
Medali emas yang diraih oleh Korea Selatan dalam ajang Asian Games 2018 memiliki banyak arti. Tidak hanya bagi Son Heung-min semata, tapi juga bagi Timnas Korea Selatan secara keseluruhan.
ADVERTISEMENT
Dalam laga final sepak bola putra yang dihelat di Stadion Pakansari, Sabtu (1/9/2018) malam WIB, Timnas Korea Selatan menunjukkan penampilan apik. Menghadapi Timnas Jepang yang juga bermain tidak kalah baik, Korea Selatan mampu meraih kemenangan dengan skor tipis 2-1.
Kemenangan ini pun disyukuri oleh salah satu pemainnya, Lee Seung-woo. Pemain yang kini membela Hellas Verona tersebut turut menyumbang satu gol kemenangan timnya atas Jepang pada laga itu. Dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu Korea Selatan menjadi juara di ajang ini.
"Semua pemain sudah menunjukkan yang terbaik, meski kami harus bertanding smpai babak perpanjangan waktu. Terima kasih sekali lagi kepada semua pihak yang membantu kami," ujar Lee dalam jumpa pers seusai laga.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya mengucapkan terima kasih, Lee juga menyebut bahwa kemenangan ini dan perjalanan Korea Selatan di Asian Games 2018, memiliki arti tersendiri. Dia menyebut bahwa Asian Games edisi 18 ini sebagai ajang yang berhasil membuatnya dan tim melangkah jauh ke depan dan memperbaiki kesalahan empat tahun lalu.
Empat tahun lalu, Korea Selatan memang sukses meraih medali emas di ajang Asian Games 2014 di Incheon. Ketika itu, penampilan apik tim yang diasuh oleh Lee Kwang-jong itu sukses membawa Korea Selatan mendapatken medali emas. Korea Utara menjadi lawan yang mereka kalahkan di final. Namun, dari generasi pemain yang tampil saat itu, tak ada satu pun pemain yang naik di tahun sekarang.
Selebrasi Timnas Korsel usai raih gelar juara sepak bola putra Asian Games 2018. (Foto: REUTERS/Darren Whiteside)
ADVERTISEMENT
Lee tak ingin hal ini terjadi. Oleh karena itu, dia berharap agar medali emas ini tak membuat para pemain jemawa. Pengalaman demi pengalaman yang didapat saat meraih emas inilah yang harus jadi patokan para pemain muda yang ada di skuat Korea Selatan kini.
"Saya rasa, turnamen ini cukup berarti bagi kami semua, bukan hanya bagi saya sendiri. Dengan turnamen ini kami bisa melangkah lebih jauh. Kami juga berkembang pesat, dan kami belajar banyak dari turnamen ini," ujar Lee.
"Dari turnamen ini para pemain kami dapat limpahan pengalaman yang tidak didapatkan dari turnamen lain. Jadi, para pemain harus melihat ke depa. Saya percaya, para pemain mendapat banyak pelajaran dari turnamen ini. Mereka akan terus berkembang ke depannya sehingga kelak bisa membela Timnas senior," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan