kumparan
14 Juni 2019 17:03

Australia Pastikan Ikut Copa America 2020

Timnas Australia
Timnas Australia melangkah ke babak 16 besar Piala Asia 2019. Foto: REUTERS/Thaier Al-Sudani
Copa America adalah ajang unik. Meski bertajuk turnamen antarnegara Amerika Selatan, negara-negara dari luar Benua Amerika kerap meramaikan daftar peserta.
ADVERTISEMENT
Conmebol --konfederasi yang bertindak sebagai penyelenggara-- memang cuma beranggotakan 10 negara. Sulit tentunya menggelar turnamen dengan jumlah tersebut, sehingga ditambahlah dua slot negara undangan demi jumlah ideal.
Jepang, Meksiko, Kosta Rika, Haiti, Honduras, Jamaika, Panama, dan Amerika Serikat adalah negara-negara yang memenuhi invitasi di Copa America. Teraktual, untuk 2019 ini, Qatar dan Jepang-lah yang menjadi tamu. Keduanya mewakili Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) setelah menembus final Piala Asia tahun ini.
Belum selesai ajang Copa America 2019 dihelat, Conmebol sudah menentukan tamu untuk Copa America 2020 mendatang: Australia dan Qatar. Sejauh ini, baru Australia yang secara resmi menerima undangan tersebut dan mereka mengaku senang atas undangan ini.
"Kami tidak sabar melihat penampilan Australia di ajang ini (Copa America). Ini adalah kali pertama dalam sejarah sepak bola negara kami," ujar Chairman Federasi Sepak Bola Australia (FFA), Chris Nikou.
ADVERTISEMENT
Trofi Copa America
Trofi Copa America Foto: Raul Arboleda/AFP
"Selama enam bulan terakhir, kami kerap berhubungan baik dengan negara-negara luar, salah satunya dengan rekan-rekan kami di Conmebol. Minggu lalu, kami berdiskusi dengan mereka dan menerima undangan (mentas di Copa America)," lanjutnya.
Australia sendiri kini sedang bersiap untuk menuju Piala Dunia 2022. Tim berjuluk Socceroos tersebut akan memulai perjalanan mereka dari kualifikasi babak kedua. Graham Arnold selaku pelatih Australia, menyebut bahwa Copa America akan jadi tempat tes yang ideal bagi para pemainnya sebelum bertarung di kualifikasi.
"Copa America merupakan salah satu ajang sepak bola terbesar di dunia, dan kami akan tampil di sana. Kami akan memanfaatkan peluang ini untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Para pemain saya pun tampaknya tidak sabar untuk tampil di ajang itu," ucap Graham.
ADVERTISEMENT
"Rencana kami menuju Piala Dunia 2022 Qatar sudah tersusun. Kami akan membangun kedalaman skuat yang baik. Penampilan di Copa America ini akan jadi ajang seleksi yang saya lakukan untuk Piala Dunia mendatang," lanjutnya.
Copa America 2020 akan diadakan dari 12 Juni sampai 12 Juli mendatang di Kolombia dan Argentina. Sejak berubah nama dari South American Championship menjadi Copa America, rentang tahun penyelenggaraan turnamen ini memang kadang tak pasti.
Copa America 2019
Potongan billboard Copa America 2019. Foto: CARL DE SOUZA / AFP
Dulu turnamen ini diadakan selama dua tahun sekali, lalu berubah jadi tiga tahun sekali. Lalu setelah perhelatan di 2019, Copa America diadakan lagi pada 2020, kemudian akan berlanjut selama empat tahun sekali.
Kenapa Conmebol melakukan ini? Melansir Reuters, kebijakan ini dilakukan supaya penyelenggaraan Copa America beriringan dengan Piala Eropa. Ini terakhir terjadi pada 2016, tatkala ajang Copa America mengusung tajuk Centenario.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan