kumparan
5 Desember 2019 22:51

Bagus Kahfi Siap Berangkat ke Inggris

PTR, Indonesia vs Korea Utara, Kualifikasi Piala Asia U-19
Pemain Indonesia Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri saat melawan Korea Utara di Kualifikasi Piala Asia U-19 Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Garuda Select bakal kedatangan lima pemain baru pada akhir pekan ini. Mereka merupakan bagian dari Garuda Select angkatan pertama. Adalah Amiruddin Bagus Kahfi, Brylian Aldama, Fajar Fathurrahman, David Maulana, dan Andre Oktaviansyah deretan pemain yang dimaksud.
ADVERTISEMENT
Kelimanya akan berlatih bersama Arsa Ahmad dan kolega—Garuda Select angkatan kedua—yang tengah menjalani pemusatan latihan di Inggris.
Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise, menyebut bahwa kehadiran lima pemain angkatan berguna untuk menambah persaingan dalam tim angkatan kedua.
“Kedatangan pemain-pemain ini menjadi kabar bagus untuk tim angkatan kedua. Mereka bisa melihat langsung bagaimana level yang seharusnya dicapai. Sejauh ini, ada beberapa pemain yang bisa beradaptasi dengan baik. Namun, ada beberapa yang belum. Semoga kedatangan pemain tambahan ini bisa menambah motivasi,” ujar Wise.
Dennis Wise, pelepasan para pemain Garuda Select II di kantor Kedubes Inggris
Dennis Wise, usai menghadiri pelepasan para pemain Garuda Select II di kantor Kedubes Inggris. Foto: Angga Putra/kumparan
Salah satu penggawa Garuda Select angkatan pertama, Amiruddin Bagus, pun siap bergabung. Menjelang keberangkatan, ia gencar melakukan persiapan.
Salah satunya ialah aklimatisasi yang menjadi perhatian khusus Bagus. Perlu diketahui, saat ini di Inggris telah memasuki musim dingin dan pada akhir tahun suhu bisa mencapai -1°C.
ADVERTISEMENT
“Persiapan saya membawa hal paling penting, yaitu pakaian hangat. Bermain pada musim dingin sangat sulit karena badan mudah kaku kalau kedinginan," tutur Bagus.
Bagus mengaku sangat percaya diri kembali bergabung dengan Garuda Select. Faktor adaptasi tak dihiraukannya lantaran ia sudah pernah menjadi bagian dari tim Garuda Select sebelumnya.
Selain itu, Bagus juga berharap kedatangan lima pemain angkatan pertama bisa berguna bagi skuat angkatan kedua.
“Perbedaannya ada di teman-teman saja. Cuma berbeda angkatan. Kalau program latihan atau tempat masih sama. Pastinya, saya akan selalu menanamkan target untuk diri saya dan teman-teman agar bisa berkarier di luar negeri,” kata Bagus.
Timnas Indonesia U-19 melawan Timnas China U-19
Selebrasi pemain timnas Indonesia U-19 Bagus Kahfi usai mencetak gol ke gawang timnas China U-19 di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (17/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Bagus dan keempat penggawa angkatan pertama rencananya akan berangkat ke Inggris pada Sabtu (7/12) dini hari WIB. Setibanya di sana mereka akan langsung bergabung dengan tim Garuda Select asuhan Des Walker.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Garuda Select angkatan pertama menjalani pemusatan latihan di Inggris selama lima bulan hingga Mei 2019. Sementara Garuda Select angkatan kedua kali ini tak hanya bermarkas di di Birmingham, Inggris.
Mereka juga akan merasakan pelatihan di Como, Italia, sehingga para pemain dapat merasakan bermain menghadapi lawan dengan tipe permainan dan taktik berbeda. Arsenal, Leicester, Chelsea, dan lawan-lawan lama musim lalu kembali akan menjajal tim Garuda Select
Namun, pada angkatan kedua kali ini ada tambahan beberapa lawan baru, seperti Manchester City di Inggris serta Como, Torino, Juventus, serta Internazionale Milan di Italia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan