kumparan

Bayern Muenchen Perpanjang Kontrak Robben dan Rafinha

Arjen Robben
Robben perpanjang kotraknya bersama Bayern. (Foto: Reuters)
Proyek Bayern Muenchen yang intens mendatangkan para pemain muda, tak selamanya berdampak negatif pada para penggawa lawas mereka. Di musim ini Bayern sudah mendaratkan Niklas Suele dan mempermanenkan Kingsley Coman, disusul Leon Goretzka serta Serge Gnabry yang akan begabung musim depan.
ADVERTISEMENT
Konsep semacam itu tertuang saat Die Roten memperpanjang masa bakti dua pemain mereka sekaligus, yakni Arjen Robben dan Rafinha dengan durasi satu tahun.
"Kami senang telah memperpanjang kontrak satu tahun dengan dua pemain ini (Robben dan Rafinha) --mereka layak mendapatkannya," kata direktur olahraga Bayern, Hasan Salihamidzic, seperti dilansir situs resmi klub.
Usia Robben dan Rafinha tak bisa dibilang muda. Nama yang disebut belakangan sudah menginjak 32 tahun, sementara Robben lebih uzur lagi karena umurnya telah menyentuh 34. Kendati Robben dan Rafinha sudah melewati kepala tiga, kontribusi keduanya tak bisa dikesampingkan begitu saja.
Robben misalnya, masih dipercaya Jupp Heynckes untuk mengisi pos sayap kanan di musim ini. Kepercayaan pelatih kelahiran Moenchengladbach itu juga dijawab lewat kontribusi masing-masing 5 gol dan assist di ajang Bundesliga. Secara keseluruhan pemain yang digaet dari Real Madrid pada musim panas 2009 silam tersebut sudah menghasilkan 138 gol dan 99 assist dalam 209 penampilan di lintas ajang.
ADVERTISEMENT
Robben juga telah membantu Bayern merengkuh tujuh titel Bundesliga, empat gelar DFB Pokal, dan masing-masing sebiji trofi Liga Champions, Piala Super UEFA, serta Piala Dunia Antarklub.
Sementara itu, Rafinha memang kalah saing dengan Joshua Kimmich untuk mengisi sektor full-back kanan. Meski demikian, tenaga mantan pemain Genoa tersebut masih dibutuhkan Bayern. Terbukti dirinya lebih dipercaya untuk menggantikan posisi Alaba yang cedera saat Bayern bersua dengan Real Madrid di semifinal Liga Champions --ketimbang Juan Bernat yang berposisi alami sebagai full-back kiri.
"Arjen Robben dan Rafinha memiliki peran penting untuk dimainkan dalam rencana kami untuk musim depan."
Bukan cuma Robben dan Rafinha saja yang masa depannya telah diamankan Bayern, durasi kontrak Franck Ribery, Sven Ulreich, dan Kimmich sudah memperpanjang masa baktinya di awal tahun ini.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan