kumparan
5 Apr 2019 17:18 WIB

Bebas Cedera, Van Dijk Siap Hadapi Southampton

Virgil van Dijk, bek andalan Liverpool. Foto: Action Images via Reuters/Carl Recine
Liverpool mendapatkan kabar baik jelang pertandingan Premier League melawan Southampton, Sabtu (6/4/2019), dini hari WIB. Bek tengah andalan Liverpool, Virgil van Dijk, dinyatakan bebas cedera dan siap turun di laga melawan Southampton.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, kebugaran Van Dijk dipertanyakan menyusul cederanya yang terjadi ketika Liverpool berhadapan dengan Tottenham Hotspur, (31/3). Van Dijk terlihat kesakitan setelah mengantisipasi gerakan dua pemain Spurs, Moussa Sissoko dan Son Heung-min. Untungnya, upaya Van Dijk berhasil menggagalkan upaya para penggawa Spurs walau cedera jadi harga yang harus dibayar.
Keraguan mengenai kesiapan Van Dijk untuk tampil di laga selanjutnya pun menyeruak seusai pertandingan tersebut. Namun, Juergen Klopp mengonfirmasi bahwa cedera yang dialami Van Dijk sudah diatasi. Lebih dari itu, kapten Timnas Belanda itu dinyatakan siap untuk merumput.
“Situasi Van Dijk baik. Tak ada masalah besar. Tentu saja kami akan memantau kondisinya, namun ia berlatih dengan normal dan semuanya baik-baik saja. Selasa lalu, ia memang menjalani sesi penyembuhan. Hanya, saya tidak mendengar bahwa ia tidak bisa menjalani latihan normal,” ujar Klopp dikutip dari situs resmi Liverpool.
ADVERTISEMENT
Juergen Klopp memeluk Virgil van Dijk. Foto: Reuters/Phil Noble
Keberadaan Van Dijk sepanjang musim 2018/19 memang krusial bagi Liverpool. Di Premier League, bek tengah berusia 27 tahun ini belum pernah sekalipun absen. Kehadiran Van Dijk itulah yang dianggap sebagai faktor utama mengapa Liverpool hanya kebobolan 19 gol dalam 32 laga liga.
Khusus melawan Southampton, rekam jejak Van Dijk terbilang baik. Dua kali memperkuat Liverpool melawan Southampton, dua kali pula Van Dijk membawa timnya meraih kemenangan. Lebih dari itu, Liverpool juga sama sekali tak kebobolan di dua laga tersebut.
“Sudah jelas rasanya bahwa Van Dijk adalah pemain yang bagus dan ia juga membuat pemain yang ada di sekelilingnya menjadi lebih baik. Saya sudah mengatakan ini berulang kali. Ia sangat penting bagi kami, tak hanya sebagai pesepak bola, tetapi juga sebagai seorang manusia. Ia adalah laki-laki yang luar biasa. Saya tak mampu berkata yang jelek-jelek tentangnya," jelas Klopp.
ADVERTISEMENT
Virgil van Dijk menjadi kapten Liverpool. Foto: Oli Scarf/AFP
Kendati begitu, Klopp tetap berharap bahwa Van Dijk akan terus berkembang. Menurut Klopp, wakil kapten timnya ini terbilang masih muda dan masih memiliki ruang untuk menjadi pemain yang lebih baik.
“Van Dijk meningkatkan performa kami dan saya pikir permainannya juga meningkat sejak ia tiba di sini. Van Dijk Liverpool berbeda dengan Van Dijk Southampton. Ia sudah sangat bagus di sana. Namun, di sini, bermain di Liga Champions, itu membuatnya berkembang.”
“Untuk seorang bek tengah, ia masih muda, masih memiliki banyak waktu untuk berkembang. Saya harap, ia dapat tetap sehat dan semuanya akan baik-baik saja,” kata Klopp.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan