kumparan
17 Feb 2019 5:05 WIB

Bekuk Valladolid, Barcelona Kokoh di Puncak Klasemen

Para pemain Barcelona merayakan gol. Foto: REUTERS/Albert Gea
Barcelona berhasil merengkuh kemenangan di pekan 24 La Liga musim 2018/19. Menjamu Real Valladolid di Camp Nou, Senin (17/2/2019) dini hari WIB, Barcelona menang dengan skor tipis 1-0.
ADVERTISEMENT
Lionel Messi jadi penentu kemenangan Barcelona di laga ini lewat gol yang ia cetak pada menit 43. Berkat kemenangan ini, Barcelona berhasil menjauhkan diri dari kejaran Atletico Madrid. Untuk sementara, Barcelona mencatatkan poin 54, selisih tujuh poin dengan Atletico di peringkat kedua.
***
Di pertandingan ini, Barcelona turun dengan kekuatan terbaiknya. Ada trio Lionel Messi, Kevin-Prince Boateng, dan Ousmane Dembele di lini depan, dengan sokongan Sergio Busquets, Carles Alena, dan Arturo Vidal dari lini tengah. Komando di lini pertahanan dipegang oleh duet Gerard Pique dan Thomas Vermaelen.
Sementara itu, Valladolid juga menurunkan para pemain inti di laga ini. Ada duet Enes Unal dan Sergi Guardiola di lini depan, dengan Daniele Verde sebagai penyokong di lini kedua. Lini tengah diatur oleh duet Anuar dan Michel Herrero, dengan Fernando Calero, Kiko Olivas, dan Joaquin Fernandez sebagai pemimpin di lini pertahanan Valladolid.
ADVERTISEMENT
Sejak babak pertama dimulai, Barcelona yang merupakan tuan rumah langsung memberikan tekanan yang berarti untuk lini pertahanan Valladolid. Dengan Messi sebagai pusatnya, mereka menyajikan berbagai serangan dengan tujuan satu: untuk mencetak gol dan keluar dari laga ini sebagai pemenang.
Namun, yang terjadi di atas lapangan tampaknya lain. Meski menguasai laga dan berkali-kali melepas tembakan, bukan berarti Barcelona dengan mudah mampu memberondong gawang Valladolid dengan gelontoran gol-gol. Para pemain Valladolid mampu memeragakan pertahanan yang apik. Hal ini menyulitkan para pemain Barcelona untuk menorehkan peluang untuk mencetak gol.
Sepanjang babak pertama, peluang mengarah ke gawang yang dimiliki Barcelona baru pertama kali terjadi pada menit 41. Ketika itu, Messi yang sedang mengolah bola langsung melepas sebuah tembakan. Sayang, tembakan Messi ini tidak berbuah gol, karena tembakannya melebar ke sisi kanan gawang Barcelona.
ADVERTISEMENT
Setelah menunggu, gol akhirnya terjadi untuk Barcelona pada menit 43 lewat titik penalti. Penalti diberikan oleh wasit untuk Barcelona setelah Michel, salah satu pemain Valladolid, dianggap melakukan pelanggaran. Messi yang menjadi eksekutor penalti sukses melesakkan bola ke gawang Valladolid. Skor berubah 1-0, dan skor ini bertahan sampai babak pertama usai.
Memasuki babak kedua, situasi masih tidak jauh berbeda. Barcelona masih jadi tim yang lebih dominan di pertandingan ini. Namun, dominasi Barcelona ini bukanlah jaminan skor tambahan dengan mudah tercipta untuk Barcelona.
Untuk menambah daya gedor, Ernesto Valverde selaku pelatih Barcelona memasukkan Luis Suarez, Philippe Coutinho, dan Ivan Rakitic. Khusus Suarez, masuknya pemain asal Uruguay ini membuat lini serang Barcelona lebih bertaji. Kombinasinya yang apik dengan Messi membuat lini pertahanan Valladolid bekerja lebih keras.
ADVERTISEMENT
Valladolid pun langsung melakukan pembenahan di babak kedua ini. Toni Villa sempat dimasukkan pada menit 68 untuk menyegarkan permainan, namun pada menit 76, ia harus ditarik keluar karena mengalami cedera dan digantikan Stiven Plaza. Pda menit 79, Keko dimasukkan menggantikan Enes Unal.
Dengan pergantian yang dilakukan ini, keseimbangan permainan Valladolid lebih terjaga. Valladolid pun tetap mampu menjaga lini pertahanan mereka dengan apik dan membuat para pemain Barcelona frustrasi. Pada menit 85, Barcelona sempat mendapat penalti, namun sepakan Messi dapat ditahan oleh kiper Valladolid, Jordi Masip.
Penalti Lionel Messi ditahan kiper Valladolid. Foto: REUTERS/Albert Gea
Penalti sendiri diberikan usai Kiko, salah seorang pemain Valladolid dinilai melakukan pelanggaran. Beruntung, ciamiknya Masip dalam membaca arah tendangan penalti Messi membuat Valladolid tidak kebobolan lebih. Di sisi lain, hal itu memberikan pukulan telak bagi Barcelona, meski mereka berada dalam kondisi unggul.
ADVERTISEMENT
Di sisa waktu menit akhir babak kedua, baik itu Valladolid maupun Barcelona terus berusaha mengincar gol. Malah, pada menit 90+3, Barcelona sukses menciptakan peluang lewat sepakan Suarez. Namun, sepakannya ini masih mampu dimentahkan Masip. Skor 1-0 untuk keunggulan Barcelona bertahan sampai babak kedua usai.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan