kumparan
4 Sep 2019 15:29 WIB

Belgia Jalani Laga Internasional Tanpa Hazard Bersaudara

Eden Hazard dan Thorgan Hazard, dua bersaudara di Timnas Belgia. Foto: REUTERS/Yiannis Kourtoglou
Timnas Belgia mesti kehilangan dua pemain andalannya, Eden Hazard dan Thorgan Hazard, untuk laga kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan San Marino (7/9/2019) dan Skotlandia (10/9/2010). Kakak-adik tersebut mesti absen karena masih berkutat dengan cedera.
ADVERTISEMENT
Eden mengalami cedera hamstring jelang laga perdana timnya, Real Madrid, di La Liga 2019/2020. Akibat cedera tersebut, Hazard, yang baru didatangkan Madrid di bursa transfer musim panas 2019/2020, belum melakoni pertandingan kompetitif bersama tim barunya.
Berdasarkan diagnosis terakhir, Hazard baru akan pulih pada 9 September. Dari situ, absennya eks penggawa Chelsea itu di laga Timnas Belgia bukanlah sebuah hal yang mengejutkan.
Sementara, Thorgan mesti absen karena cedera tulang rusuk yang dialaminya kala membela klub barunya, Borussia Dortmund, pada laga Bundesliga melawan FC Koeln (24/8). Menurut Dortmund, Thorgan tak dapat merumput selama beberapa pekan akibat cedera tersebut.
Menariknya, nama Eden dan Thorgan sempat tertera di dalam daftar skuat Belgia yang akan melakoni laga versus San Marino dan Skotlandia. Namun, pada Selasa (3/9/2019), Belgia resmi mengumumkan bahwa Eden dan Thorgan dicoret dari skuat.
ADVERTISEMENT
Menyoal Eden, pelatih Belgia, Roberto Martinez, sempat menyatakan bahwa timnya akan memeriksa gelandang serang Madrid tersebut. Namun, Martinez menegaskan bahwa ia tak akan mengambil risiko apabila Eden memang benar-benar tidak fit, dan ia kini menepati ucapannya.
“Untuk Eden, kami tak akan mengambil risiko. Pekan ini akan penting (untuk memeriksanya). Setelah itu, kami akan mengambil keputusan,” ucap Martinez pada akhir Agustus 2019, dikutip dari Goal International.
Absennya Eden dan Thorgan tentu menjadi pukulan tersendiri bagi Belgia. Keduanya merupakan anggota reguler The Red Devils—julukan Timnas Belgia. Eden dan Thorgan tak pernah absen dalam empat laga kualifikasi Piala Eropa 2020 sebelumnya, yang semuanya berlangsung di 2019.
Tanpa bermaksud membanding-bandingkan, Eden jelas akan menjadi pemain yang paling dirindukan oleh Martinez. Eden merupakan kapten sekaligus pemain terbaik Belgia saat ini.
ADVERTISEMENT
Eden Hazard berduel pada laga Siprus vs Belgia. Foto: REUTERS/Yiannis Kourtoglou
Dari empat laga kualifikasi Piala Eropa 2020 sebelumnya, Eden selalu berkontribusi di tiap laga. Ia berhasil mencetak dua gol kala melawan Rusia (21/3), satu gol melawan Siprus (24/3), satu assist kala berhadapan dengan Kazakhstan (8/6), dan satu assist ketika bertemu Skotlandia (11/6).
Menarik untuk dinanti, siapa yang akan diandalkan Martinez tanpa keberadaan Eden dan Thorgan di laga melawan San Marino dan Skotlandia. Sampai saat ini, Martinez pun belum menunjuk pemain-pemain yang akan menggantikan Hazard bersaudara.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan