kumparan
5 Februari 2020 15:08

Belum Apa-apa, Erling Haaland Sudah Bikin Rekor di Dortmund

PTR, Erling Braut Haaland
Striker Dortmund, Erling Braut Haaland, merayakan gol ke gawang Union Berlin. Foto: AFP/Ina Fassbender
Ada-ada saja Erling Haaland ini. Sudah tahu Borussia Dortmund ingin melindunginya dari ekspektasi berlebihan, eh, dia malah mencatatkan rekor gol baru di persepakbolaan Jerman.
ADVERTISEMENT
Rabu (5/2/2020) dini hari WIB tadi, Borussia Dortmund bertandang ke markas Werder Bremen untuk melakoni laga babak ketiga DFB-Pokal. Di laga itu sendiri Dortmund kalah tipis 2-3 dan tersisih.
Akan tetapi, satu dari dua gol Dortmund itu dilesakkan oleh Haaland. Dengan begitu, penyerang asal Norwegia tersebut sekarang memiliki rekor yang membuat namanya makin harum saja.
Bayangkan, ya. Haaland baru empat kali bermain untuk Dortmund dan baru sekali dipercaya menjadi starter. Jika ditotal, menit bermainnya baru menyentuh angka 180. Tapi, dari situ dia sudah berhasil mencetak 8 gol.
Menurut Opta, belum pernah ada yang bisa menorehkan rekor demikian. Haaland jadi pemain pertama yang sanggup mencetak 8 gol dari 4 laga untuk sebuah klub Bundesliga. Luar biasa.
ADVERTISEMENT
Haaland sendiri direkrut Dortmund dari Red Bull Salzburg. Mulanya, pemain satu ini sempat santer diberitakan bakal pindah ke Manchester United, tetapi kemudian Dortmund-lah yang mujur mendapatkannya.
Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, Dortmund sebetulnya ingin melindungi Haaland dari ekspektasi berlebihan. Sebab, usianya memang masih sangat muda. Juli nanti dia baru berulang tahun ke-20.
Itulah mengapa, pelatih Dortmund, Lucien Favre, lebih memilih untuk memainkannya sebagai pengganti di laga debutnya. Namun, Haaland rupanya tak butuh banyak waktu untuk 'meledak'.
Hanya dalam tempo 34 menit di laga melawan Augsburg, Haaland sanggup mencetak hattrick. Berkat trigol itu, Dortmund yang sebelumnya sempat tertinggal bisa meraih kemenangan 5-3.
Sesudah mencetak hattrick di laga debut, Haaland lagi-lagi tak diberi kesempatan menjadi starter. Pada laga kontra FC Koeln, eks Molde itu baru dimasukkan pada menit ke-65. Namun, dia bisa mencetak dua gol di situ.
COVER, Erling Braut Haaland
Striker Dortmund, Erling Braut Haaland, punya rekor spesial di Bundesliga. Foto: AFP/Ina Fassbender
Baru pada laga ketiga, menghadapi Union Berlin akhir pekan lalu, Haaland dijadikan starter oleh Favre. Sebelum keluar di menit ke-77, putra Alf-Inge Haaland itu kembali mempersembahkan brace untuk Dortmund.
ADVERTISEMENT
Sampai akhirnya, laga melawan Werder Bremen di DFB-Pokal tadi tiba dan Haaland mencatatkan rekor spesialnya. Yang menarik, semua ini dilakukan Haaland dalam kondisi tidak fit 100 persen.
Selepas pertandingan melawan Union Berlin, Haaland berkata, "Laga tadi sangat sulit tetapi aku senang bisa bermain sejak awal. Aku harus terus meningkatkan kebugaran karena kondisiku belum 100 persen."
Ya, Haaland memang belum lama ini mengalami cedera lutut dan pemulihannya belum rampung sepenuhnya. Akan tetapi, dengan kondisi begini pun dia sudah tampil begitu eksplosif.
Dortmund sendiri pada bursa transfer lalu sudah resmi melepas Paco Alcacer ke Villarreal. Itu artinya, Haaland adalah striker utama tim saat ini. Ke depan, pekerjaan utamanya adalah memastikan ledakan-ledakan itu selalu muncul saat dibutuhkan.
ADVERTISEMENT