kumparan

Belum Waktunya Brasil Berharap pada Neymar

Neymar
Neymar, harapan Brasil itu. (Foto: Reuters/Andrew Boyers)
Kurang lebih tiga bulan yang lalu, Neymar mulai berpikir bahwa kemungkinan besar, cedera kaki akan mengandaskan harapannya untuk membela Timnas Brasil di Piala Dunia 2018. Namun, pada Minggu (3/6/2018), Neymar kembali bermain (dan tampil impresif) untuk Selecao saat menang 2-0 atas Timnas Kroasia dalam pertandingan persahabatan di Anfield.
ADVERTISEMENT
Hadir menggantikan Fernandinho pada babak kedua, winger Paris Saint-Germain itu bisa beberapa kali menguji ketangguhan Dejan Lovren dan kolega di lini belakang Kroasia. Puncak kreativitas Neymar di laga ini adalah gol di menit 69.
Gol ini bermula dari umpan Willian kepada Coutinho yang diteruskan kepada Neymar. Kemudian, Neymar memperagakan aksi individiual khas pesepak bola Brasil untuk mengelabui Vrsaljko dan Kovacic demi mendapatkan ruang tembak di dalam kotak penalti lawan. Setelah itu, baru Neymar melancarkan tembakan keras yang berhasil menggetarkan tiang sebelum masuk ke dalam gawang.
Meski tampil apik, Neymar menepis ekspektasi hebat yang datang kepadanya. Sebab, mantan winger Santos itu merasa kondisinya masih belum sepenuhnya sehat.
"Sudah tiga bulan berlalu sejak cedera itu mengganjal mimpi saya. Tapi, hari ini saya bahagia karena saya bisa melakukan hal yang saya senangi betul, yaitu bermain sepak bola dan mencetak gol," ujar Neymar usai laga, seperti dilansir Goal International.
ADVERTISEMENT
"Namun, saya masih merasa sedikit ketakutan sampai detik ini. Tapi, ketakutan itu, saya rasa, akan menghilang seiring waktu berjalan. Saya sendiri masih merasa tak nyaman bermain di laga tadi, tapi bisa saja karena saya sudah lama tak menginjakkan kaki di lapangan. Saya rasa, saya baru 80% siap untuk Piala Dunia."
Mengetahui pemain bintangnya ini belum sepenuhnya fit, Tite pun tak menaruh ekspektasi berlebih kepada Neymar. Malah, pelatih 'Tim Samba' itu mengimbau agar para penggemar Brasil jangan dulu menggantungkan harapan di pundak Neymar.
"Dia sudah kembali dan dia berhasil melampaui ekspektasi yang saya berikan. Namun, jangan lupa bahwa dia masih berjuang untuk mengembalikan kebugarannya," kata pelatih asli Brasil itu.
"Dia akan tampil tidak konsisten di tiga atau empat laga ke depan, sebelum sampai ke puncak permainannya. Jadi, tolong, jangan buru-buru memberikan ekspektasi hebat akibat permainannya tadi," pungkas Tite.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan