kumparan
16 Januari 2019 7:20

Benzema Cedera, Solari Belum Berniat Cari Pengganti

Santiago Solari
Pelatih Real Madrid, Santiago Solari. (Foto: REUTERS/Juan Medina)
Lini depan Real Madrid diterpa krisis usai Karim Benzema cedera saat menghadapi Real Betis di pentas La Liga, Senin (14/1/2019). Benzema menambah panjang daftar pemain depan El Real yang menepi setelah Gareth Bale, Marco Asensio, dan Mariano Diaz.
ADVERTISEMENT
Diagnosis tim medis menemukan ada jari tangan yang patah dari penyerang Prancis itu. Kalau mengacu kasus Ivan Raktic yang mengalami cedera serupa musim lalu, waktu pemulihan bisa mencapai dua pekan lamanya. Artinya, Benzema bakal absen saat melawat ke markas Leganes di leg kedua babak 16 besar Copa del Rey, Kamis (17/1) dini hari WIB.
Dalam kondisi krisis ini, AS mewartakan manajemen Madrid tengah berburu pemain 'Nomor 9' di bursa transfer musim dingin ini. Salah satunya adalah penyerang Genoa, Krzysztof Piatek, yang sudah mengemas 13 gol di pentas Serie A--hanya kalah sebiji gol dari Cristiano Ronaldo sebagai topskorer.
Namun, Santiago Solari, menyiratkan bahwa dirinya belum berminat mendatangkan penyerang anyar dalam waktu dekat. Pelatih asal Argentina itu optimistis Benzema segera pulih dan siap tampil saat Madrid menghadapi Sevilla di pekan ke-20 La Liga Sabtu mendatang.
ADVERTISEMENT
"Ada beberapa pemain yang masih tersedia, tapi dengan kondisi fisik yang berbeda-beda. Lumrahnya, spesialis di posisi penyerang adalah Benzema dan kami berharap dia akan bisa menjadi 'Nomor 9' kami saat akhir pekan nanti," kata Solari dilansir Marca.
"Saya tidak mau membahas soal transfer pemain. Skuat yang kami miliki saat ini sudah bagus, kami bisa memadukan antara pemain muda dan senior yang kaya akan pengalaman. Mereka semua punya komitmen yang sama."
Keputusan Solari tentu berisiko, jika Benzema tak kunjung pulih dalam waktu dekat, hanya Cristo Gonzalez yang tersedia sebagai pengganti. Padahal, Cristo yang merupakan anggota tim Castilla masih minim jam terbang di level atas. Baru dua kali pemain berusia 21 tahun itu mentas untuk tim utama Madrid.
ADVERTISEMENT
Karim Benzema
Penyerang Real Madrid, Karim Benzema, mengalami cedera. (Foto: REUTERS/Marcelo Del Pozo)
Cristo kembali berpotensi diturunkan sejak menit awal melawan Leganes. Solari yakin para pemain muda Madrid bisa tampil maksimal, apalagi beberapa sosok seperti Vinicus Junior cukup moncer di Copa del Rey dengan menorehkan 2 gol dan 4 assist dari tiga penampilan.
"Para pemain muda terkadang memberi kecepatan dan kesegaran yang didukung oleh pengalaman dari pemain lebih senior. Mereka selalu dibantu oleh pemain lain. Suatu hari kami akan memiliki banyak pemain di bawah 20 tahun yang mendapat banyak menit bermain, tetapi mereka pun akan dibantu oleh yang berpengalaman."
Rumor transfer Madrid tak cuma soal mencari pengganti Benzema, tetapi juga soal masa depan Isco Alarcon yang jarang mendapat kesempatan semenjak Los Blancos dibesut Solari. Cuma 10 laga yang dimainkan Isco dari total 17 laga Madrid pada rezim Solari.
ADVERTISEMENT
Kabar yang menyebutkan Isco tengah menjadi buruan tim-tim papan atas khususnya di Serie A kemudian merebak. Namun, Solari lagi-lagi menampik dirinya berniat melepas Isco ke tim lain. Sosok berusia 42 tahun ini menyebut telah berbicara dengan Isco terkait keputusannya menempikan sang pemain.
"Menjual Isco? Saya hanya pelatih (bukan manajemen tim). Saya sudah berbicara mengenai itu (apa yang harus dilakukan Isco untuk meyakinkan saya) dengan Isco," pungkas Solari.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan