Bola & Sports
·
13 Januari 2021 16:42

Cabor Lain Belum Dipasang Target, Sepak Bola Wajib Emas di SEA Games 2021

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cabor Lain Belum Dipasang Target, Sepak Bola Wajib Emas di SEA Games 2021 (24086)
Pemain timnas U-23 Osvaldo Haay (tengah) menyundul bola ke arah gawang timnas Myanmar pada SEA Games 2019 Filipina di Stadion Rizal Memorial, Filipina. Foto: ANTARA FOTO/ SIgid Hermawan
Ajang SEA Games 2021 di Vietnam memang masih akan dihelat di pengujung tahun. Akan tetapi, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sudah memasang target untuk satu cabang olahraga (cabor).
ADVERTISEMENT
Pernyataan ini disampaikan oleh Menpora Zainudin Amali. Pria asal Gorontalo itu membebani sepak bola agar bisa meraih tempat terbaik nantinya.
''Satu yang menjadi perhatian kami di SEA Games tahun ini adalah sepak bola. Itu harus medali emas,'' kata Zainudin dalam sesi temu wartawan via zoom, Rabu (13/1).
''Itu memang arahan khusus yang saya sampaikan ke teman-teman di Bidang Prestasi dan Keolahragaan Kemenpora, dan saya minta mereka mencarikan formulanya,'' ucapnya.
Cabor Lain Belum Dipasang Target, Sepak Bola Wajib Emas di SEA Games 2021 (24087)
Pemain Timnas U-23 Indonesia Egy Maulana Vikri (tengah) di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12). Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Di SEA Games 2019, pasukan 'Garuda Muda' harus puas duduk di tempat kedua untuk meraih perak. Di partai puncak, mereka kalah dari Vietnam dengan skor telak 0-3.
Berbeda dengan cabor lainnya, Kemenpora belum memasang target. Zainudin mengatakan cabor-cabor yang berpotensi mendulang medali akan didata.
ADVERTISEMENT
''Kami di internal Kemenpora baru buatkan kalkulasi dulu. Sebanyak 40 cabor yang nanti akan ikut SEA Games nantinya akan dikumpulkan dulu, di-review proposal mereka, baru kami targetkan mereka,'' kata Zainudin.
''Tapi yang jelas, kami ingin ada peningkatan prestasi dari segi rangking,'' tegasnya.
Cabor Lain Belum Dipasang Target, Sepak Bola Wajib Emas di SEA Games 2021 (24088)
Menpora Zainudin Amali. Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Pada ajang SEA Games 2019, Indonesia menempati peringkat keempat dari 11 partisipan dengan 318 medali. Rinciannya, 72 emas, 84 perak, dan 111 perunggu.
Pencapaian pasukan Merah Putih masih kalah dari Filipina selaku tuan rumah Filipina, Vietnam, dan Thailand.
---