Bola & Sports
·
30 Juli 2021 16:30
·
waktu baca 2 menit

Cerita Si Kembar MU yang Tertukar saat Kena Omel Sir Alex Ferguson

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cerita Si Kembar MU yang Tertukar saat Kena Omel Sir Alex Ferguson (152936)
searchPerbesar
Rafael da Silva. Foto: AFP/JONATHAN NACKSTRAND
Manchester United (MU) pernah memiliki dua pemain kembar berambut keriting, Rafael dan Fabio da Silva. Keduanya punya cerita unik yang berkaitan dengan Sir Alex Ferguson.
ADVERTISEMENT
Rafael dan Fabio didatangkan dari tim Brasil, Fluminense, pada 2007. Kendati demikian, keduanya baru bisa bermain di tim utama MU pada musim depannya saat sudah menginjak usia 18 tahun.
Rafael dan Fabio memang punya banyak kemiripan. Pertama, tentunya adalah wajah, lalu model rambut keriting, hingga sama-sama berposisi bek sayap. Tak ayal, segenap tim MU bisa keliru membedakan keduanya.
''Saat kami tiba dari Brasil, tak ada yang bisa membedakan kami,'' kata Fabio kepada Athletic, dilansir Goal International.
Cerita Si Kembar MU yang Tertukar saat Kena Omel Sir Alex Ferguson (152937)
searchPerbesar
Rafael Da Silva dan Fabio Da Silva. Foto: Scott Heavey/Getty Images
''Anda akan tiba dan dalam beberapa saat orang-orang akan mengucapkan 'selamat pagi' dan mengucapkannya lagi 2 kali [karena keliru mengenali wajah kami]. Padahal, Anda sudah mengucap 'selamat pagi' hanya beberapa menit sebelumnya kepada orang yang sama dan Anda mengucapkan lagi,'' tambahnya,
ADVERTISEMENT
Lucunya, kekeliruan ini juga pernah dilakukan eks pelatih MU, Sir Alex Ferguson. Bahkan, hal itu terjadi ketika Ferguson tengah memarahi salah satu di antara keduanya.
''Kemudian, datang sebuah masalah. Saya bisa saja langsung mengatakan bahwa saya tidak bersalah. Namun dia, (Ferguson) malah bisa lebih marah. Itu sesaat setelah dia menyadari seluruh ruang ganti menjadi sunyi karena saya akhirnya mengatakan yang sebenarnya [tertukar dengan Rafael],'' ungkap Fabio.
'''Oh, sialan', katanya. Dan kemudian semua orang tertawa terbahak-bahak, begitu juga dia,'' jelasnya.
Cerita Si Kembar MU yang Tertukar saat Kena Omel Sir Alex Ferguson (152938)
searchPerbesar
Rafael Da Silva dan Fabio Da Silva. Foto: PAUL ELLIS / AFP
Kendati memiliki banyak kemiripan, kiprah Rafael dan Fabio bersama MU cukup berbeda. Rafael lebih sering dipercaya mentas di laga-laga penting bersama MU, hingga akhirnya dilepas pada 2015.
Sementara, Fabio cukup kesulitan mendapat menit bermain di MU. Sempat dipinjam Queens Park Rangers, Fabio akhirnya hengkang pada 2014 dengan bergabung Cardiff City.
ADVERTISEMENT
Saat ini, Rafael bermain di Liga Turki bersama Istanbul Basaksehir, sementara sang saudara kembar ada di Liga Prancis bersama FC Nantes.
---