kumparan
16 Januari 2020 4:51

Coppa Italia: Kemenangan 4-0 Bawa Juventus Lolos ke Perempat Final

Paulo Dybala (P)
Paulo Dybala merayakan gol. Foto: AFP/Isabella Bonotto
Pesta gol terjadi di Allianz Stadium pada Kamis (16/10/2020) dini hari WIB. Sang tuan, Juventus, berhasil melaju ke perempat final Coppa Italia 2019-20 usai menang meyakinkan dengan skor 4-0 atas Udinese.
ADVERTISEMENT
Sebagaimana skor akhirnya, Juventus yang tampil tanpa Cristiano Ronaldo memang unggul segalanya atas tim lawan. Skema 4-3-3 serta pressing ketat yang mereka peragakan membuat para pemain Udinese kewalahan sejak menit awal.
Kalau sudah begini, jangan heran bila kemudian sudah dua peluang terbuka didapat Juventus pada kurun 10 menit. Dua peluang tersebut berasal dari kaki Gonzalo Higuain dan dua-duanya belum berbuah gol.
Higuain baru bisa membuka keunggulan Juventus pada peluang ketiganya di menit ke-16. Menerima umpan terobosan Paulo Dybala, dia melepaskan sepakan kaki kanan ke bagian kiri bawah gawang yang tak mampu ditepis kiper Udinese.
Sepuluh menit berselang, keunggulan Juventus bertambah. Kali ini giliran Dybala yang mencatatkan namanya di papan skor. Dia mencetak gol lewat titik putih setelah Federico Bernardeschi dilanggar di kotak terlarang.
ADVERTISEMENT
Juventus sebetulnya terus menekan setelah gol tersebut. Namun, penyelesaian akhir yang buruk membuat peluang yang mereka peroleh terbuang percuma. Babak pertama lantas berakhir dengan kedudukan 2-0.
Paulo Dybala (C)
Paulo Dybala makin panas bersama Juventus. Foto: AFP/Marco Bertorello
Memasuki babak kedua, laga masih menjadi milik Juventus. Mereka bahkan berhasil mencetak gol ketiga dengan cepat lewat Higuain pada menit ke-54. Tinjauan VAR sayangnya membuat wasit menganulir gol tersebut.
Walau begitu, tak butuh waktu lama bagi Juventus untuk benar-benar menambah keunggulan. Empat menit berselang, Higuain melepaskan umpan yang dengan gemilang diteruskan Dybala menjadi gol. Juventus unggul 3-0.
Di titik ini Udinese yang tertinggal 3 gol seakan cuma berusaha untuk menghindari gol lain. Itulah kenapa tiap kali mendapat bola, mereka hampir selalu langsung membuang bola ke depan. Peluang yang Udinese peroleh pun nyaris tak ada.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, usaha mereka tampak percuma. Juventus tetap mampu menemukan celah hingga berhasil mencatatkan gol keempat. Pelakunya? Douglas Costa. Dia mencetak gol lewat titik penalti pada menit ke-61.
Untung bagi Udinese, penderitaan mereka berakhir mengingat itu jadi gol terakhir yang bersarang ke gawang Nicolas. Banyaknya sepakan pemain Juventus yang membentur barisan pertahanan menjadi salah satu penyebabnya.
Di samping itu, penampilan Nicolas sendiri di bawah mistar gawang Udinese cukup apik. Salah satunya salah ketika dia menepis sepakan jarak jauh Rodrigo Bentancur beberapa menit jelang laga usai.
Pertandingan pun berakhir dengan kedudukan yang tak berubah: 4-0 untuk Juventus. Hasil ini membawa mereka melaju ke babak perempat final Coppa Italia 2019-20.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan