kumparan
14 Februari 2020 4:50

Coppa Italia: Sempat Unggul, Milan Ditahan Imbang Juventus di San Siro

[PORTRAIT] Milan vs Juventus
Samu Castillejo dalam laga Milan vs Juventus. Foto: Dok. AC Milan
Meski sempat unggul, AC Milan harus menerima hasil imbang 1-1 dengan Juventus dalam laga leg I semifinal Coppa Italia di San Siro, Jumat (14/2/2020) dini hari WIB. Gol Milan diciptakan Ante Rebic, sementara gol Juventus muncul dari Cristiano Ronaldo.
ADVERTISEMENT
Pada laga ini, Milan menurunkan pemain-pemain terbaik dalam skema 4-4-1-1. Seperti di laga sebelumnya, Zlatan Ibrahimovic menjadi striker tunggal. Di belakang pemain dari Swedia itu, ada Hakan Calhanoglu yang memainkan peran gelandang 'nomor 10'.
Di lain sisi, Juventus menerapkan skema 4-3-3. Gianluigi Buffon kembali dipercaya menjaga gawang tim binaan Maurizio Sarri tersebut. Kemudian Cristiano Ronaldo, Paulo Dybala, dan Juan Cuadrado menghiasi lini tengah Juventus.
Sepanjang babak pertama, Milan mendominasi serangan. Sisi kiri menjadi titik favorit I Rossoneri dalam membobol gawang lawan. Meski begitu, dari total 11 tembakan, hanya 3 yang akurat dan tak satu pun yang berbuah gol untuk Milan.
Apa yang salah? Satu, pergerakan Ibrahimovic berhasil diredam duo bek tengah Juventus, Matthijs de Ligt dan Leonardo Bonucci. Kedua, Milan banyak melepas sepakan spekulatif dan ini terbukti dari munculnya 5 tembakan dari luar kotak penalti.
ADVERTISEMENT
Di lain sisi, Juventus jarang menyerang selama babak pertama. Meski begitu, dari total 4 upaya, mereka memiliki kans untuk mencetak gol di menit ke-39. Sayang, meski lepas kawalan, usaha Cuadrado mampu digagalkan Donnarumma via penyelamatan apik.
Milan vs Juventus
Saat Paolo Dybala dan Zlatan Ibrahimovic berduel. Foto: Dok. AC Milan
Setelah babak pertama berakhir 0-0, Milan meningkatkan intensitas serangan dan hasilnya terlihat pada menit ke-60.
Tak lama setelah Theo Hernandez melakukan lemparan ke dalam, Samu Castillejo melepas umpan silang ke kotak penalti. Saat itu, pemain-pemain Juventus fokus menjaga Ibrahimovic. Ibrahimovic mencoba memecahkan fokus dengan melompat.
Trik ini nyatanya berhasil. Ante Rebic, yang berada tak jauh dari Ibrahimovic, kemudian melepas tembakan dengan kondisi lepas kawalan dan Buffon gagal menghalaunya. Gol ini sendiri merupakan yang ke-5 dari 6 penampilan terkini Rebic.
ADVERTISEMENT
Usai gol itu, laga ini makin keras. Malang untuk tim binaan Stefano Pioli itu, mereka terpaksa tampil dengan 10 pemain karena Theo Hernandez mendapatkan kartu merah di menit ke-70. Gara-gara ini, Pioli mengganti Rebic dengan Diego Laxalt.
Setelahnya, Pioli mengganti dua pemain Milan secara bertahap. Lucas Paqueta masuk menggantikan Hakan Calhanoglu. Lalu Castillejo digantikan Alexis Saelemaekers. Pergantian ini berhasil membuat lini pertahanan dan lini serang Milan tetap solid.
Namun, sayang bagi Milan, wasit mendakwa Davide Calabria melakukan handsball di kotak penalti pada menit ke-90. Tak lama, Ronaldo sukses mencetak gol via sepakan titik putih. Karena gol ini, pertandingan berakhir dengan skor sama kuat 1-1.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan