Bola & Sports16 Juni 2018 4:06

Cristiano Ronaldo, Pencetak 'Hat-trick' Tertua di Piala Dunia

Konten Redaksi kumparan
Cristiano Ronaldo, Pencetak 'Hat-trick' Tertua di Piala Dunia (83573)
Cristiano Ronaldo mencetak gol ke gawang Spanyol. (Foto: Hannah McKay/Reuters)
Tua-tua keladi. Semakin tua, Cristiano Ronaldo semakin menjadi. Tebukti dengan torehan trigolnya saat Tim Nasional (Timnas) Portugal bermain imbang 3-3 dengan Spanyol di Fisht Stadium, Sochi, Sabtu (16/6/2018) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Saat pertandingan matchday pertama Grup B Piala Dunia 2018 itu berlangsung, Ronaldo memang sudah menginjak umur 33 tahun 130 hari. Dia pun menjadi pemain tertua yang membukukan hat-trick sepanjang sejarah Piala Dunia.
Performa Ronaldo di Sochi sekaligus menunjukkan lonjakan seiring bertambahnya usia. Bandingkan saja bagaimana kiprah pemilik nomor punggung 7 itu pada beberapa edisi terakhir Piala Dunia.
Pada Piala Dunia 2006, turnamen perdananya, Ronaldo cuma mencetak satu gol. Tergolong buruk karena dia melepaskan 26 tembakan sepanjang turnamen.
Penghamburan peluang kembali terlihat pada edisi 2010 dan 2014. Ronaldo kembali mencetak masing-masing satu gol dari 22 percobaan.
Lantas, bagaimana kiprahnya di Piala Dunia 2018 sejauh ini? Terlihat lonjakan signifikan dalam hal efektivitas Ronaldo. Sebab, 3 golnya terjadi hanya dari 4 tembakan.
ADVERTISEMENT
Cristiano Ronaldo, Pencetak 'Hat-trick' Tertua di Piala Dunia (83574)
Portugal vs Spanyol. (Foto: REUTERS/Murad Sezer)
Peningkatan Ronaldo juga terlihat dalam eksekusi tendangan bebas yang mengawali proses gol ketiganya. Setelah melalui 45 percobaan di putaran final turnamen internasional, sang bintang akhirnya bisa menyarangkan bola via tendangan bebas.
Namun, tidak boleh dilupakan oleh Ronaldo bahwa trigolnya tidak lepas dari kesalahan-kesalahan lini pertahanan lawan. Ambil contoh gol ketiganya. Cerita mungkin lain apabila Gerard Pique tidak ceroboh melakukan pelanggaran di depan kotak saat laga hampir rampung.
Begitu pula Nacho Hernandez. Gara-gara jegalan bek Real Madrid ini, Portugal mendapatkan hadiah penalti yang dikonversi menjadi gol oleh Ronaldo pada menit keempat.
Cristiano Ronaldo, Pencetak 'Hat-trick' Tertua di Piala Dunia (83575)
Blunder David De Gea. (Foto: REUTERS/Murad Sezer)
Sementara itu, gol kedua Ronaldo murni kesalahan David de Gea. Bola meluncur ke arahnya, tetapi tangkapan sang kiper tidak sempurna.
ADVERTISEMENT
Masih terselip fakta menarik lain dari trigol Ronaldo. Ini merupakan hat-trick ke-51 dalam sejarah putaran final Piala Dunia dan karier sang bintang (buat klub serta negara). Dari 50 pencetak hat-trick sebelumnya, tak seorang pun melakukannya ke gawang Ronaldo. Ya, dia adalah orang pertama
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white