kumparan
6 Agustus 2019 18:36

De Bruyne: Rodri Adalah Gelandang Bertahan Sempurna

Rodri
Rodri merayakan kemenangan Manchester City atas Liverpool di Community Shield. Foto: David Klein/Reuters
Aktivitas transfer Manchester City tak diwarnai perekrutan besar-besaran pada musim panas 2019. Hanya ada satu nama top, yakni Rodri, yang direkrut senilai 70 juta euro dari Atletico Madrid.
ADVERTISEMENT
Walau tak banyak pemain anyar, Kevin De Bruyne tetap melayangkan apresiasi terhadap klubnya. Pasalnya, sosok yang mendarat di Etihad benar-benar sesuai dengan kebutuhan The Citizens.
Ya, gelandang bertahan sebagai area operasi Rodri, memang menjadi sumber masalah buat City. Pelatih Pep Guardiola hanya memiliki Fernandinho sebagai opsi tunggal di posisi ini.
Guardiola pun sempat dibikin pusing saat Fernandinho menderita cedera tahun lalu. Dia sampai-sampai menggeser Danilo atau John Stones untuk menjadi pengganti darurat Fernandinho. Nah, dengan kehadiran Rodri, masalah serupa diharapkan tak terulang.
"Di Manchester City, gelandang bertahan adalah posisi yang sangat sulit. Begini, kami sangat bagus dalam menguasai bola. Maka, sosok tersebut tak cuma mesti bagus dalam bertahan, tetapi juga menyerang," ucap De Bruyne, dikutip dari FourFourTwo.
ADVERTISEMENT
Kevin De Bruyne
De Bruyne usai laga menghadapi Spurs. Foto: David Klein/Reuters
"Tak banyak pemain yang bisa menjalani dua tugas tersebut. Dan, menurut saya, Rodri adalah gelandang bertahan sempurna untuk permainan kami," ujarnya.
Seperti kata De Bruyne, atribut defensif bukanlah satu-satunya syarat untuk menjadi gelandang bertahan di City. Kemampuan distribusi tak kalah penting demi menunjang hasrat The Citizens menguasai bola selama mungkin.
Aspek terakhirlah yang dipamerkan Rodri saat melakoni debut kompetitif dalam laga Community Shield menghadapi Liverpool. Dia tercatat sebagai pemain City yang paling sering melepaskan operan akurat (57).
Tak cuma menyoal distribusi, Rodri juga bisa diandalkan dalam meredam ancaman lawan. Terbukti, dia sempat membukukan 2 tekel sukses, 1 intersep, serta 2 sapuan di pertandingan yang sama.
Rodri, Pep
Rodri mendapat instruksi dari Guardiola di laga PL Asia Trophy. Foto: AFP/Hector Retamal
"Saya berpikir, Rodri sudah tampil fenomenal baik pada sesi latihan maupun pertandingan pramusim. Mengingat dia masih baru dan baru mencapai fase awal, ini merupakan sinyal bagus," ucap De Bruyne.
ADVERTISEMENT
Kesempatan Rodri untuk terus unjuk gigi cukup terbuka. Pasalnya, Fernandinho telat menjalani pramusim karena libur tambahan seusai tampil di Copa America. So, selama Fernandinho belum fit, Rodri bakal terus menjadi pilihan utama Guardiola.
Pun demikian untuk jangka panjang. Fernandinho bakal mengakhiri kontraknya pada musim panas tahun depan. Dengan demikian, Rodri berpeluang memantapkan statusnya menjadi gelandang bertahan inti untuk tahun-tahun berikutnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan