Bola & Sports
·
25 November 2020 11:37

Dengan Aura Spesialnya, Jose Mourinho Bawa Tottenham Hotspur ke Puncak Klasemen

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Dengan Aura Spesialnya, Jose Mourinho Bawa Tottenham Hotspur ke Puncak Klasemen (108385)
Manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho. Foto: Tim Goode/Pool via REUTERS
Usai menekuk Manchester City 2-0 pada Minggu (22/11) Tottenham Hotspur asuhan Jose Mourinho naik ke puncak klasemen Liga Inggris 2020/21. Spurs meraup 20 poin dari 9 laga, sama seperti Liverpool, tetapi unggul selisih gol.
ADVERTISEMENT
Lagi-lagi, Mourinho membuktikan kualitasnya sebagai juru taktik andal. The Special One.
Padahal, pelatih asal Portugal itu awalnya tidak mendapat dukungan kuat dari sejumlah pihak. Pasalnya, Mourinho datang menggantikan Mauricio Pochettino yang sedang membangun pondasi kuat Spurs.
Nyatanya, Mourinho bisa tuh membawa Spurs terbang setinggi ini. Apa rahasia pelatih kelahiran Setubal itu bisa membuat para pemain Spurs mengeluarkan kemampuannya?

Pujian untuk Jose Mourinho

Dengan Aura Spesialnya, Jose Mourinho Bawa Tottenham Hotspur ke Puncak Klasemen (108386)
Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho. Foto: Twitter/@SpursOfficial
Pundit sekaligus eks kapten Man United, Gary Neville, angkat bicara. Dia merupakan salah satu orang yang perlu waktu untuk menerima kehebatan Mourinho dalam membangun tim. Waktu akhirnya membuat banyak orang melihat sinar terang Mourinho di Spurs.
Salah satu pemain yang semakin menunjukkan kehebatannya ialah kapten Spurs, Harry Kane. Sang striker andalan Timnas Inggris semakin tajam di depan gawang lawan.
ADVERTISEMENT
Berduet dengan Son Heung-min, keduanya kini sementara total mengoleksi 16 gol: Son 9 gol, Kane 7 gol. Duo itu kini bercokol di daftar pencetak gol terbanyak Liga Inggris musim ini.
"Saya harus mengatakan bahwa untuk beberapa waktu Tottenham asuhan Jose Mourinho tidak memiliki identitas. Mereka hampir tampak seperti tim dalam transisi dari gaya permainan yang sangat bagus ala Pochettino berubah menjadi gaya yang berbeda dan tidak diterima oleh para pemainnya," ujar Neville.
Dengan Aura Spesialnya, Jose Mourinho Bawa Tottenham Hotspur ke Puncak Klasemen (108387)
Gary Neville. Foto: AFP/ANDREW YATES
Hal senada juga diungkapkan oleh Tim Sherwood, mantan pelatih Spurs. Menurutnya, The Lilywhites saat ini memiliki pemain berkualitas dan cukup merata di berbagai posisi berkat polesan Mourinho.
Selain duet lini depan Son Heung-min dan Harry Kane, ada juga Hugo Lloris dan Sergio Reguilon yang jadi salah dua pemain yang krusial di lini pertahanan. Plus, hubungan antara Mourinho dengan para pemainnya juga dimulai dengan baik sejak lama.
ADVERTISEMENT
Film dokumenter Spurs di Amazon Prime Video, "All Or Nothing", mengisahkan bagaimana Mourinho memperlakukan para pemainnya. Hal sekecil nama pun dia perhatikan.
Japhet Tanganga, misalnya. Menurut Mourinho, namanya sulit diucapkan, lantas ia langsung bertanya mengenai pengucapan yang benar kepada sang pemain. Ya, dia tak ingin memanggil pemainnya dengan panggilan yang salah.
Dengan Aura Spesialnya, Jose Mourinho Bawa Tottenham Hotspur ke Puncak Klasemen (108388)
Jose Mourinho, pelatih Tottenham Hotspur. Foto: Glyn Kirk/Pool via REUTERS
Semakin baiknya performa Spurs membuat Mou yakin skuatnya saat ini merupakan skuat bermental juara. Dengan begini, Sherwood menganggap sekarang fans Spurs hanya perlu mempercayakan tim kepada Mou.
"Dan kenapa kamu tidak percaya padanya (Mourinho)? Dia memenangkan 20 trofi bergengsi dalam kariernya dan memenangkan pertandingan sepak bola, jadi Anda mulai percaya bahwa pria ini adalah orang yang nyata," ungkap Sherwood.
ADVERTISEMENT
Penulis: Daniel Rexa Faraz
----
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.