Diduga Korupsi, Eks Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol Ditangkap

4 April 2024 10:23 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Mantan presiden federasi sepak bola Spanyol Luis Rubiales meninggalkan pengadilan Audiencia Nacional di Madrid pada 15 September 2023. Foto: Thomas Coex / AFP
zoom-in-whitePerbesar
Mantan presiden federasi sepak bola Spanyol Luis Rubiales meninggalkan pengadilan Audiencia Nacional di Madrid pada 15 September 2023. Foto: Thomas Coex / AFP
ADVERTISEMENT
Eks Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales, ditangkap polisi pada Rabu (3/4) sebagai bagian dari penyelidikan korupsi. Namun, ia dibebaskan segera setelah ditahan setibanya di Madrid dari Republik Dominika.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari BBC, Rubiales diduga menerima komisi ilegal saat menegosiasikan kesepakatan menguntungkan untuk menggelar Piala Super Spanyol di Arab Saudi. Jaksa menuntut hukuman penjara dua setengah tahun.
Akan tetapi, Rubiales membantah melakukan kesalahan. Usai turun dari pesawat, ia dibawa ke dalam mobil van berwarna hitam bersama beberapa anggota Garda Sipil. Dia dibebaskan segera setelah itu.
Stasiun penyiaran publik Spanyol RTVE melaporkan bahwa Rubiales akan hadir di pengadilan pada Kamis (4/4). Ia berada di Republik Dominika ketika polisi menggeledah rumahnya dan markas RFEF pada bulan lalu.
Presiden Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) Luis Rubiales memberikan konferensi pers pada 19 November 2019 di kota olahraga sepak bola Las Rozas dekat Madrid. Foto: Oscar Del Pozo / AFP
Luis Rubiales juga secara terpisah akan diadili atas tuduhan pelecehan seksual karena mencium mulut pemain Timnas Wanita Spanyol, Jenni Hermoso, setelah final Piala Dunia musim panas lalu. Hermoso dan rekan satu timnya mengatakan ciuman itu tidak diinginkan dan merendahkan.
ADVERTISEMENT
Gegara kasus itu, Rubiales terpaksa mengundurkan diri. Namun, iga juga membantah melakukan kesalahan terkait ciuman tersebut.