Bola & Sports
·
13 Mei 2020 13:05

Diduga Terlibat Penyelundupan Kokain, Eks Striker Timnas Kolombia Ditangkap

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Diduga Terlibat Penyelundupan Kokain, Eks Striker Timnas Kolombia Ditangkap (3482)
Eks penyerang Timnas Kolombia, Edwin Congo. Foto: AFP/Daniel Silva
Mantan penyerang Timnas Kolombia yang pernah bermain di La Liga pada dekade 2000-an, Edwin Congo, ditangkap polisi Spanyol pada Selasa (12/5/2020) karena diduga terlibat dalam jaringan penyelundupan kokain.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan ESPN, Congo ditangkap bersama sepuluh orang lain dalam sebuah operasi di Madrid. Meski demikian, pria 43 tahun itu kini sudah dilepaskan setelah sempat diinterogasi. Operasi itu sendiri dilakukan untuk memberantas penyelundupan narkotika dari Amerika Tengah dan Selatan.
Congo yang lahir di Bogota, Kolombia, itu memulai karier bersama klub lokal, Once Caldas. Pada 1999, dia direkrut oleh Real Madrid tetapi tak pernah sekali pun turun membela Los Blancos. Setelah dikontrak, Congo langsung dipinjamkan ke tiga klub berbeda.
Pada 2002 Congo akhirnya resmi meninggalkan Real Madrid untuk bergabung dengan Levante. Di klub asal Valencia itulah dia mencapai puncak kariernya. Setelah empat tahun di Levante, Congo memperkuat Sporting Gijon dan Recreativo Huelva hingga 2008.
ADVERTISEMENT
Setahun berselang, Congo gantung sepatu di usia 33 tahun usai memperkuat dua tim amatir Spanyol. Selama berkarier, Congo sempat mengumpulkan 17 caps Timnas Kolombia dan berkiprah di Copa America edisi 1999 serta 2004.
Diduga Terlibat Penyelundupan Kokain, Eks Striker Timnas Kolombia Ditangkap (3483)
Edwin Congo ditangkap polisi karena diduga terlibat penyelundupan kokain. Foto: AFP/Jose Jordan
Meski tak pernah turun membela Real Madrid, Congo sempat diundang memperkuat tim legenda El Real dalam sebuah pertandingan amal tahun lalu. Pada laga kontra legenda Chelsea itu, Congo tampil bersama pemain-pemain seperti Guti Hernandez, Fernando Morientes, Claude Makelele, dan Jose Amavisca.
Congo sendiri dikenal di Spanyol sebagai salah satu pandit kenamaan. Dia rutin tampil di acara debat sepak bola tengah malam 'El Chiringuito de Jugones' yang ditayangkan Atresmedia.
-----
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona.
ADVERTISEMENT