kumparan
23 September 2018 1:31

Diwarnai Kartu Merah dan Gol Bunuh Diri, Atletico Kalahkan Getafe

Atletico Madrid
Proses gol Atletico Madrid melalui aksi Thomas Lemar ke gawang Getafe pada lajutan pertandingan La Liga 2018/19. (Foto: REUTERS/Juan Medina)
Ateltico Madrid kembali ke jalur kemenangan pada ajang La Liga 2018/19. Melakoni pertandingan pekan kelima di markas Getafe, Coliseum Alfonso Perez, Sabtu (22/9/2018) malam WIB, Atletico sukses membawa pulang tiga poin usai menang dengan skor 2-0.
ADVERTISEMENT
Dua gol kemenangan Atletico berasal dari gol bunuh diri kiper Getafe, David Soria, di menit 14 dan sepakan Thomas Lemar pada menit 60. Dengan tambahan tiga poin ini, Atletico naik ke posisi lima klasemen sementara dengan mengoleksi 8 poin. Getafe, sementara itu, turun ke posisi delapan dengan 7 poin.
Diego Simeone tidak melakukan perubahan pada skema dasar Atletico dalam formsai 4-4-2. Diego Costa dan Antoine Griezmann masih didapuk sebagai duet di lini serang, sementara Rodriguez dan Saul Niguez menopang di lini tengah. Untuk sektor sayap ditugaskanlah Thomas Lemar dan Koke.
Dengan nama-nama mentereng yang dimainkan, Atletico langsung menggempur Getafe dengan serangan. Meski begitu, menembus kotak penalti lawan nyatanya tak mudah bagi Atletico. Rapatnya tumpukan pemain lawan membikin umpan silang maupun permainan satu-dua kerap dipatahkan.
ADVERTISEMENT
Serangan Atletico baru melahirkan peluang lepas 10 menit via sepakan jarak jauh Griezmann. Lantas, di menit ke-14 Atletico akhirnya memecah kebuntuan. Berawal dari sepakan Lemar yang membentur mistar gawang, bola muntah justru mengenai punggung David Soria dan bergulir ke dalam gawang Getafe.
Selepas unggul 1-0, Atletico tak mampu berbuat banyak untuk membongkar pertahanan Getafe. Tercatat hanya ada satu percobaan dari Lucas Hernandez di menit ke-29, itu pun bisa diblok. Setelahnya, Los Rojiblancos sama sekali tak mendapat peluang karena Griezmann dan Costa miskin suplai bola.
Getafe justru yang mengambil inisiatif menekan dan mampu mengurung Atletico. Beberapa percobaan bisa dilepaskan dan yang paling nyaris adalah sepakan Vitorino Antunes di menit 43, tapi tendangan bebasnya masih bisa ditepis Jan Oblak. Babak pertama pun berakhir untuk keunggulan tim tamu.
ADVERTISEMENT
Atletico Madrid
Penyerang Atletico Madrid, Diego Costa, berduel dengan pemain Getafe pada pertandingan La Liga 2018/19. (Foto: REUTERS/Juan Medina)
Babak kedua dimulai oleh kedua tim dengan tempo yang cukup lamban dan tak adanya pressing membuat aliran bola hanya berkutat di area tengah lapangan. Percobaan pertama pun lahir di menit 48 lewat sepakan jarak jauh Griezmann, Getafe membalas via Jorge Molina, tapi sontekannya di depan mulut gawang masih diblok.
Setelah mencoba berkali-kali, upaya serangan Atletico dari skema open play akhirnya membuahkan gol kedua di menit ke-60, tapi gol ini sebetulnya masih berbau keberuntungan. Umpan terobosan Koke bisa diintersep bek Getafe, tapi aksi ini justru memberi ruang kepada Lemar untuk melepas sepakan dan tanpa kesulitan menaklukkan Soria.
Tertinggal dua gol membuat Getafe meningkatkan intensitas serangan dan mendapat peluang emas di menit 62 via sepakan Angel Rodriguez yang bisa ditepis Oblak. Namun, ketika tengah berupaya mencetak gol, Getafe justru harus bermain dengan 10 orang usai Ivan Alejo dikartu merah wasit karena menginjak kaki Saul.
ADVERTISEMENT
Keunggulan pemain nyatanya tak terlalu bisa dimanfaatkan oleh Atletico. Meski mendapat dua peluang emas menambah gol via Costa dan Griezmann di menit 80-an, percobaan mereka bisa dimentahkan Soria. Alhasil, skor 2-0 untuk kemenangan Atletico tak berubah hingga akhir pertandingan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan