kumparan
30 September 2018 1:07

Diwarnai Kartu Merah, Juventus Tumbangkan Napoli

Para pemain Juventus merayakan gol Mario Mandzukic ke gawang Napoli. (Foto: Alberto Lingria/Reuters)
Kesempurnaan Juventus di Serie A berlanjut. Mereka meraup kemenangan ketujuh dengan mengalahkan Napoli 3-1 dalam pertandingan di Turin, Sabtu (29/9/2018) malam WIB.
ADVERTISEMENT
Adalah Mario Mandzukic yang menjadi aktor utama di balik tripoin Juventus lewat dwigolnya (26' dan 49') yang dilengkapi satu gol Leonardo Bonucci (76'). Adapun, Napoli cuma bisa membalas via Dries Mertens saat laga berusia 10 menit.
Hasil ini membuat Juventus duduk semakin nyama di puncak klasemen sementara dengan raihan 21 poin dari tujuh laga. Terbentang jarak enam angka dengan Napoli di peringkat kedua.
***
Untuk pertandingan ini, kedua tim sama-sama menurunkan trisula lini depan. Perbedaannya, Juventus mengusung pola diamond dengan Paulo Dybala yang berdiri di belakang duet Cristiano Ronaldo-Mario Mandzukic, sedangkan Napoli menyejajarkan Lorenzo Insigne, Dries Mertens, dan Jose Callejon.
Pola plus permainan ofensif membuat pertandingan berjalan menarik. Begitu banyak peluang lahir. Dari kubu Juventus menghasilkan 9 upaya tepat sasaran, sementara sang tamu melancarkan 6 percobaan ke gawang.
ADVERTISEMENT
Napoli menjadi tim yang meraup hasil terlebih dahulu pada menit ke-10. Bukan lewat kegemilangan build-up mereka, melainkan kesalahan Leonardo Bonucci dalam mengirimkan umpan mendatar.
Hingga akhirnya, bola terobosan dialamatkan kepada Callejon yang berlari di sisi kanan. Alih-alih melepaskan tembakan di ruang cukup terbuka, pemilik nama terakhir memilih untuk melayani Mertens yang berdiri sangat bebas.
Hanya 16 menit yang dibutuhkan Juventus untuk menyamakan kedudukan. Prosesnya diawali umpan silang Ronaldo dari sisi kiri. Ada tiga pemain Napoli berdiri di dekat gawang, tetapi tak satu pun menempel Mandzukic secara ketat sehingga striker Kroasia ini cukup bebas menanduk bola ke jala Napoli.
Dries Mertens mencetak gol Napoli ke gawang Juventus. (Foto: Alberto Lingria/Reuters)
Setelahnya, permainan saling mengancam diperagakan kedua tim. Lahirlah sejumlah kans, sayang belum berujung gol sehingga skor 1-1 menutup babak pertama.
ADVERTISEMENT
Kembali dari ruang ganti, Juventus langsung mengambil momentum untuk menggebrak. Gol kedua direbut I Bianconeri saat babak kedua baru berlangsung enam menit. Dua aktornya pun serupa dengan lesakan pertama. Ronaldo melepaskan tembakan yang membentur tiang, kemudian bola liar disambar Mandzukic untuk membawa timnya unggul.
Situasi Napoli semakin sulit karena tujuh menit setelahnya Marco Rui harus meninggalkan lapangan. Dia diganjar kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran keras kepada Dybala sampai pemain Argentina ini tersungkur di lapangan.
Surplus jumlah pemain tak disia-siakan Juventus untuk mengakhiri perlawanan Napoli. Menit ke-76, gol kembali datang lewat kreasi Ronaldo. Dia melakukan tandukan dalam menyambut sepak pojok. Bola yang mengarah ke gawang diteruskan Leonardo Bonucci untuk menuliskan namanya di papan skor.
ADVERTISEMENT
Itulah gol pertama Bonucci sejak kembali berseragam Juventus pada musim panas 2018, sekaligus menjadi yang terakhir dalam laga ini. Pertandingan pun ditutup dengan skor 3-1 untuk kemenangan Juventus.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan